Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali Tanda-Tanda Stres Yang Sudah Tinggi



Hikmahdanhikmah.com – Dalam kehidupan sekarang ini banyak orang menganggap stres sudah menjadi bagian dari hidup. Mereka mengatakan sangat susah untuk terhindar dari stres hidup di jaman seperti sekarang ini. Yang menjadi perhatian adalah kebanyakan dari kita tidak sadar kalau kita mengalami stres. Jika hal ini dibiarkan, maka tingkat stres akan bisa meningkat dan berdampak besar bagi kesehatan kita.

Secara alami setiap orang pasti pernah merasakan stres. Namun yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara mengendalikan stres agar tidak lebih besar. Kita tahu bahwa saat seseorang mengalami stres, maka bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan saja, namun secara psikologis juga terganggu.

Sebenarnya sistem tubuh manusia sudah dilengkapi dengan bagaimana cara mengatasi stres. Namun sekali lagi banyak diantara kita yang tidak sadar kalau sedang mengalami stres. Kita akan tersadar mengalami stres saat kita sudah merasa mudah marah, kepala teasa sakit dan menjadi orang yang tidak sabaran.

Berikut tanda-tanda stres yang diberikan oleh tubuh yang bisa kita kenali :

Fisik
Tanda pertama seseorang yang mengalami stres yang tinggi adalah mengalami peningkatan kadar kortisol dalam tubuh. Jika hal ini berlangsung lama atau kronik, maka akan berpotensi merusak sistem imun seseorang. Hasilnya adalah kita menjadi lebih mudah sakit, badan tidak enak dan sering flu.

Selain itu saat stres levelnya sudah semakin tinggi, biasanya disertai dengan berbagai keluhan seperti sakit pada kepala, nyeri tubuh, dan terasa tegang pada otot daerah bahu. Jika anda mengalami hal ini, maka bisa jadi stres yang anda alami levelnya semakin meningkat.
Selain itu stres juga akan berdampak tidak baik bagi pola tidur seseorang. Mereka yang mengalami stres akan cenderung mengalami gangguan tidur berupa insomnia sehingga membuat jam tidur menjadi berkurang. Pada kondisi ini biasanya mereka akan menggunakan alat bantu tidur berupa obat tidur.

Emosi
Tanda stres selanjutnya adalah terjadinya perubahan dalam emosi. Mereka akan cenderung mudah marah, menjadi orang yang tidak sabaran, mudah meneteskan air mata. Kondisi tersebut menunjukkan kalau tingkat stres yang kita alami tinggi. Selain itu seseorang yang mengalami stres pada tingkat yang tinggi juga akan mempengaruhi rasa percaya diri seseorang menjadi menurun.

Cara Mengatasinya
Untuk mengatasi atau mengendalikan stres agar tidak sampai tinggi adalah dengan cara melakukan refreshing atau bepergian. Kebanyakan dari kita baru meluangkan waktu berlibur saat tingkat stres yang dirasa sudah tinggi. Seharusnya anda tidak menunggu stres meningkat.

Selain meluangkan waktu untuk bepergian, sangat disarankan juga untuk mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat. Contohnya seperti tidur yang cukup dan makan-makanan yang sehat. Selain itu penting juga untuk mengatur jadwal olahraga dan menghindari banyak kebiasaan menggunakan gadget. Tingkatkan pula banyak sosialisasi dengan orang lain secara langsung dan bukan melalui media sosial.

Artikel Terkait : Solusi redakan stress dalam hitungan menit

apa tandanya kalau stres kita tinggi, beberapa perilaku yang muncul saat seseorang tingkat stresnya tinggi, kenali tanda-tanda stres yang meningkat, Mengenali Tanda-Tanda Stres Yang Sudah Tinggi

Posting Komentar untuk "Mengenali Tanda-Tanda Stres Yang Sudah Tinggi"

banner 800x90