Januari 19, 2022

Hal-hal yang Perlu didiperhatikan untuk memperoleh Tidur yang bermanfaat



Hikmahdanhikmah.com - Terlalu banyak tidur atau kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, terutama penyakit kardiovaskular. Tidur terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah, penyakit pernapasan, kelemahan otot dan penurunan daya tahan tubuh. 

Oleh karena itu, setiap orang harus memperoleh kebiasaan tidur yang teratur, tidak tidur terlalu malam, serta membiasakan diri untuk bangun malam dan melaksanakan shalat Tahajud. Kita harus bangun tepat waktu untuk melaksanakan shalat Subuh. Sementara itu, pada siang hari kita tidak boleh hanya duduk berdiam diri saja, tetapi harus berolahraga secara teratur. Selain itu, hal berikut ini harus diperhatikan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Makan malam harus dilakukan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

Pengonsumsian minuman, seperti teh dan kopi, yang membuat sulit tidur karena kafein yang dikandungnya harus dibatasi. Bagi orang-orang yang sulit tidur, minum susu hangat atau mandi air hangat 15 menit sebelum tidur dapat memudahkan mereka untuk tidur.

Perangkat seperti televisi, komputer, ponsel tidak boleh disimpan di ruang tidur. Jika memungkinkan, jam alarm yang dioperasikan dengan baterai lebih disarankan daripada ponsel untuk alarm.

Suhu ruangan tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin, harus diatur antara 18-21 derajat.

Kasur dan bantal sebaiknya tidak terlalu keras atau terlalu empuk.

Disarankan agar tidur dalam posisi berbaring menghadap ke sebelah kanan. Tidur dalam posisi berbaring ke kiri, tengkurap atau terlentang dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan jantung.

Selain itu, penyakit seperti hidung tersumbat, sinusitis, sindrom apnea tidur, alergi, obesitas, tiroid, penyakit jantung dan rematik dapat menurunkan kualitas tidur. Bahkan, penyakit-penyakit seperti itu bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya karena menghalangi tubuh untuk mendapatkan cukup istirahat. Untuk itulah setiap orang harus memperhatikan kesehatan tubuhnya agar bisa tidur nyenyak.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar