Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuh Sifat Mulia yang Harus Ada pada Perempuan



Hikmahdanhikmah.com - Dalam surat Al-Ahzab ayat ke-32 dan 33, Allah SWT menyebutkan kemuliaan dan keutamaan istri-istri Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam dengan tujuh sifat. Tujuh sifat ini adalah hal-hal yang harus ada pada diri setiap muslimah agar mereka memiliki kemuliaan dan keutamaan. Perempuan yang melakukan tujuh hal ini akan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Ketujuh hal tersebut adalah sebagai berikut.

1- Ketakwaan, yaitu selalu takut kepada Allah SWT. Hal ini adalah inti dari seluruh kemuliaan dan keutamaan.

2- Menjaga diri dari segala bentuk perkataan dan tingkah laku yang dapat membuat laki-laki tertarik pada perempuan. Selalu mengucapkan kata-kata dengan jujur ​​dan serius.

3- Tidak keluar dari rumah selain untuk memenuhi kebutuhannya. Sungguh, Allah SWT memuji perempuan-perempuan surga dengan sifat-sifat ini dan berfirman sebagai berikut, “(Mereka) adalah bidadari-bidadari yang selalu tinggal di dalam tenda-tendanya.” (QS Ar-Rahman: 72) Untuk mengikuti ayat karimah ini, salah seorang azwājut thāhirah (istri-istri mulia Rasulullah SAW), Sayidah Saudah R.Anha, tidak pernah keluar dari rumahnya setelah Rasulullah SAW wafat.

4- Memperhatikan tasattur, yakni berpakaian sesuai dengan yang diperintahkan oleh agama kita. Berjalan dengan penuh wibawa ketika di jalan.

5- Melaksanakan shalat dengan sempurna pada waktunya dan menunaikan zakat.

6- Taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Menaati suaminya yang ahli takwa.

7- Senantiasa berzikir kepada Allah SWT dan membaca Al-Quranul Karim di rumah.

Allah SWT akan menghapus dosa dan keburukan perempuan-perempuan yang melakukan hal-hal tersebut dan mengubah akhlak buruk mereka menjadi akhlak yang baik.

Nama-nama: Laki-laki: Daud, Perempuan: Fatma.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Tujuh Sifat Mulia yang Harus Ada pada Perempuan"

banner 800x90