Februari 16, 2022

Bahaya Paparan Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

sumber gambar : https://www.shopback.co.id


Hikmahdanhikmah.com – Bahaya paparan abu vulkanik bagi kesehatan. Saat ini kita mendengar di berita bahwa gunung Agung yang ada di Bali sedang erupsi. Bahkan abu vulkanik sampai pada beberapa daerah yang ada di pulau Bali. Hal ini tentu memberikan dampak bagi kesehatan meskipun banyak orang yang menganggap sepele tentang hal ini.
Meskipun abu vulkanik terlihat sangat halus dan berupa partikel, namun ternyata bila terpapar oleh tubuh kita akan memberikan efek kurang baik bagi kesehatan. Misalnya saja saat terkena mata atau saluran pernapasan, maka bisa membuat mata kita iritasi dan gangguan pernapasan. Bukan hanya itu saja, para pakar kesehatan mengingatkan tentang beberapa dampak buruk abu vulkanik bagi kesehatan :

· Bisa membuat hidung kita mengalami iritasi sehingga memicu pilek
· Muncul rasa tak nyaman pada bagian tenggorokan yang memicu batuk
· Bagi mereka yang punya riwayat sesak dan batuk, maka menghirup abu vulkanik bisa menyebabkan bronchitis dan asma.
· Membuat kondisi penderita asma semakin buruk
· Bila paparan ini berlangsung lama, maka bisa memicu munculnya penyakit paru-paru yang serius.
· Sering kali menyebabkan mata menjadi merah dan gatal
· Membuat air mata sangat mudah untuk keluar
· Bila terkena bagian kulit, maka bisa membuat iritasi

Untuk mencegah paparan ini semakin buruk bagi kesehatan, maka dihimbau kepada masyarakat yang berada dekat dengan daerah letusan gunung berapi untuk pindah ke posisi yang lebih aman. Selain itu penting sekali untuk selalu menggunakan masker dan penutup wajah. Menggunakan pakaian yang serba panjang juga sangat berguna untuk mencegah paparan abu vulkanik pada kulit kita.


Artikel Terkait : Tidak Disarankan Mengobati Rasa Gatal Dengan Sembarang Obat

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar