Februari 18, 2022

Benarkah Profesi Dokter Membuat Tak Panjang Umur ?

sumber gambar : teasoftsolutions.com


Hikmahdanhikmah.com – Benarkah profesi dokter membuat tak panjang umur ?. Menurut pandangan banyak orang, profesi dokter adalah salah satu profesi yang mempunyai banyak kelebihan. Banyak orang beranggapan bahwa dengan menjadi dokter maka kita bisa lebih tahu cara mencegah dan mengobati suatu penyakit sehingga harapan panjang umur akan jauh lebih besar. Namun sayangnya dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa profesi dokter justru menyebabkan seseorang memiliki usia lebih pendek. Mengapa hal ini bisa terjadi ?.

Ternyata dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para pakar yang berasal dari Indian Medicla Association (IMA) menyebutkan bahwa hampir kebanyakan dokter akan berujung pada penyakit jantung dan kanker. Hasil studi ini sangat mengejutkan baik bagi para peneliti sendiri maupun banyak orang yang mengira profesi dokter yang identik dengan kesehatan.

Diketahui bahwa studi tersebut dilakukan sejak tahun 2007 sampai dengan 2017. Menyebutkan bahwa dari total 10 ribu dokter yang diteliti, ternyata ada 282 dokter yang meninggal dunia. Sebanyak 27 persen meninggal oleh karena penyakit jantung, dan 25 persen disebabkan karena penyakit kanker, sedangkan kematian karena penyakit infeksi hanya sekitar 2 persen saja.
Bahkan para peneliti menyimpulkan untuk angka harapan hidup para dokter yang ada di India hanyalah 67,9 persen. Ini termasuk angka harapan yang rendah yang sangat bertolak belakang dengan profesi dokter yang berkecimpung dalam dunia kesehatan.

Apa yang membuat hal ini bisa terjadi ?. Ternyata menurut para peneliti hal ini disebabkan karena dua alasan yaitu faktor lingkungan dan ritme kerja yang buruk. Tahukah anda bahwa tak sedikit dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit yang mengalami stres yang tergolong tinggi. Apalagi sekarang ini profesi dokter dituntut untuk tak boleh melakukan kesalahan sedikitpun yang ternyata memicu tingkat stres yang lebih tinggi.

Nah setelah membaca artikel ini masih mau menjadi dokter ?. Itu semua tergantung anda masing-masing karena tak semua dokter mengalami stres tinggi yang menyebabkan harapan hidupnya turun. Semoga bermanfaat.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar