Februari 23, 2022

Efek Terlalu Lama Nonton TV Bisa Membahayakan Kesehatan Paru

sumber gambar : metrotvnews.com


Hikmahdanhikmah.com – Banyak orang yang ingin melewati waktu liburan hanya dengan duduk santai atau sambil tiduran nonton TV. Hal ini biasanya kita lakukan dalam waktu yang cukup lama. Ternyata berdasarkan pernyataan American Heart Association menyebutkan bahwa kebiasaan ni bisa berdampak buruk bagi kesehatan paru.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan terlalu lama nonton TV bisa memicu penyakit emboli paru. Penyakit ini merupakan gangguan pada organ paru yang mana terdapat suatu gumpalan darah yang berdampak pada terhambatnya aliran darah yang mengarah ke paru. Dalam sebuah laporan Badan Pengendalian Penyakit yang ada di Amerika menyebutkan bahwa setiap tahun ada sekitar 200 ribu orang yang mengalami penyakit emboli paru dan sekitar sepertiganya berujung pada kematian.

Mereka yang mengalami emboli paru akan mengalami beberapa gejala, diantaranya muncul rasa sesak, nyeri dada, batuk yang disertai dengan keluarnya darah, dan detak jantung yang tak teratur. Pada ekstremitas atau anggota gerak biasanya juga muncul odema atau pembengkakan yang apabila ditekan akan terasa nyeri.

Dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 86.024 orang yang mempunyai kebiasaan nonton TV menyebutkan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan nonton TV lebih dari 2,5 jam sehari meningkatkan resiko kematian yang disebabkan karena adanya penyakit paru yaitu emboli paru. Peneltian ini diberi judul Watching Television and Risk of Mortality From Pulmonary Embolism among Japanese Men and Women.

Hal ini bisa terjadi karena saat kita nonton televisi dalam waktu yang cukup lama akan memicu hambatan aliran darah karena tubuh kita tak bergerak dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini akan membuat banyak darah lebih banyak terkumpul pada bagian kaki yang memicu varises dan gumpalan darah. Selanjutnya gumpalan darah akan terbawa kembali masuk ke jantung dan kemudian ikut masuk pada pembuluh darah di paru-paru. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya penyakit emboli paru dan masalah jantung.

Untuk menghindari resiko ini, maka sangat disarankan untuk selalu melakukan peregangan saat menonton televisi setidaknya setiap 15 sampai 20 menit sekali guna mencegah hambatan aliran darah. Selanjutnya alangkah baiknya jika kita membatasi waktu nonton televisi dalam sehari jangan melebihi 2,5 jam.


Artikel Terkait : bahaya tertidur saat nonton tv

akibat lama nonton tv, dampak buruk terlalu lama nonton tv, efek terlalu lama nonton tv bagi kesehatan, Efek Terlalu Lama Nonton TV Bisa Membahayakan Kesehatan Paru, resiko terlalu lama nonton tv bagi kesehatan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar