> Mempersiapkan Kesehatan Sebelum Menjalani Puasa Ramadhan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 01, 2022

Mempersiapkan Kesehatan Sebelum Menjalani Puasa Ramadhan



Hikmahdanhikmah.com - Bulan Ramadhan yang tinggal beberapa minggu lagi membuat kita untuk mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa. Bagi yang memiliki tubuh yang sehat, kedatangan bulan Ramadhan bukan menjadi hal yang menakutkan. Namun bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan sering kali merasa gelisah karena takut tidak kuat menjalankan ibadah puasa. Untuk mengantisipasi kesehatan yang menurun saat Ramadhan, mulai sekarang kita harus mempersiapkannya agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman.

Menjelang datangnya Ramadhan 1437 H kali ini sudah banyak orang yang sudah mempersiapkan kesehatan dengan cara datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan agar saat menjalankan puasa tidak terjadi masalah kesehatan terutama masalah lambung. Mereka meminta kepada dokter untuk memberikan obat yang bisa membuat lambungnya kuat menjalani puasa.
Mungkin bagi kita yang masih muda dan tidak mengalami masalah kesehatan, melakukan general check up masih dibilang tidak penting. Namun bagi mereka yang mempunyai masalah penyakit serius seperti diabetes, asam urat dan kolesterol, melakukan general check up dinilai sangat penting untuk mempersiapkan kondisi tubuh menjelang datangnya Ramadhan.

Biasanya yang paling gelisah saat datangnya bulan Ramadhan adalah mereka yang mempunyai masalah pada lambung misalnya gastritis. Kalau sudah begini sangat penting untuk berobat ke dokter untuk mempersiapkan lambung yang sehat sebelum puasa datang. Namun sebagai muslim, kita harus percaya bahwa dengan puasa akan lebih menyehatkan tubuh kita.

Sebenarnya puasa memberikan kita banyak manfaat. Saat puasa, memberikan istirahat kepada organ pencernaan kita untuk berhenti bekerja. Berbeda saat kita tidak berpuasa, kita selalu makan tiga kali dalam sehari belum lagi banyaknya cemilan yang kita makan. Selain itu saat tidak puasa kita biasanya suka konsumsi makanan yang tidak sehat, namun dengan berpuasa kita bisa menahan lapar sehingga tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Bagi anda yang biasanya menghabiskan satu bungkus rokok dalam sehari, dengan melakukan puasa maka anda hanya menghabiskan beberapa batang saja. Tentu ini sangat berdampak positif bagi kesehatan kita. Biasanya kita makan tiga kali dalam sehari, namun karena puasa kita hanya makan dua kali sehari sehingga mengurangi asupan kalori.

Yang tidak kalah pentingnya yang harus kita siapkan sebelum Ramadhan tiba adalah motivasi yang kuat untuk menjalankan puasa. Dengan keyakinan yang kuat, maka bisa dipastikan kita bisa menjalankan puasa dengan sempurna selama 30 hari tanpa ada yang tertinggal.

Namun jika ternyata anda saat ini terdiagnosa beberapa penyakit yang berbahaya, maka untuk melakukan puasa harap dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anda. Misalnya anda menderita stroke, gagal ginjal, gangguan liver yang kronis, kanker, diare dan demam. Apabila memang dari segi medis tidak dimungkinkan untuk melakukan puasa karena bisa memperburuk kondisi penyakit anda, maka anda dibolehkan untuk tidak berpuasa. Ini dibolehkan secara agama.

Artikel Terkait : Manfaat Makan Makanan Yang Kaya Protein Membuat Kita Lebih Kenyang

kiat sehat menjalani puasa ramadhan, Mempersiapkan Kesehatan Sebelum Menjalani Puasa Ramadhan, tips mempersiapkan kesehatan sebelum puasa ramadhan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar