Maret 15, 2022

Ibadah Pada malam Bara’ah atau Nisfu Sya’ban



Hikmahdanhikmah.com - Malam ke-15 bulan Sya’ban adalah malam Bara’ah atau Nisfu Sya’ban. Pada malam ini, setidaknya kita melaksanakan shalat Tasbih. Pada malam Bara’ah ini terdapat shalat Hajat (Khair) yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Barang siapa melaksanakan shalat Hajat yang berjumlah 100 rakaat ini lalu meninggal dunia pada tahun tersebut, ia akan mendapatkan derajat orang yang mati syahid.

 Niat shalatnya seperti ini, “Ya Rabbi, aku berniat shalat untuk mendapatkan ridha-Mu. Berikanlah aku ampunan dan cahaya-Mu. Jauhkanlah aku dari kesempitan hati, kesulitan dunia, dan kesulitan akhirat, serta masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang berbahagia, Allahu Akbar.”

 Adapun cara melaksanakan shalat tersebut adalah sebagai berikut.

 Setelah surat Al-Fatihah, dibaca 10 kali surat Al-Ikhlas pada setiap rakaatnya dan satu kali salam untuk setiap dua rakaat. Shalat ini dilaksanakan sebanyak 100 rakaat.

Setelah shalat, dibaca 11 bacaan di bawah ini masing-masing sebanyak 14 kali. Terdapat 11 bacaan karena hitungan abjad kata ‘Hu’ (salah satu nama mulia Allah SWT) adalah 11 dan dibaca sebanyak 14 kali karena hitungan abjad kata ‘Thaha’ (salah satu nama Rasulullah SAW) adalah 14.

14 kali istigfar

14 kali shalawat

14 kali Al-Fatihah

14 kali Ayat Kursi disertai basmalah.

Dua ayat terakhir dari surat At-Taubah, “laqad Jā’akum...” 14 kali disertai basmalah.

1 kali surat Yasin setelah membaca 14 kali kata “Yāsīn” (di dalam surat Yasin terdapat 7 lafaz “Mubîn” secara lahir dan 7 lafaz “Mubîn” secara batin sehingga jumlahnya 14).

14 kali surat Al-Ikhlas beserta basmalah,

14 kali surat Al-Falaq beserta basmalah,

14 kali surat An-Naas beserta basmalah,

14 kali tasbih, “Subhānallāhi wal hamdulillāhi walā ilāha illallāhu wallāhu akbar walā haula walā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīm.”,

14 kali shalawat (lebih bagus membaca shalawat Munjiyah), lalu berdoa. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar