Maret 02, 2022

Ibadah Pada malam Isra’ Mi’raj dan Siangnya



Hikmahdanhikmah.com - Malam ke-27 bulan Rajab (besok malam) adalah malam Isra’ Mi’raj. Setelah shalat Isya pada malam Isra’ Mi’raj, dilaksanakan 12 rakaat shalat Hajat. Setiap rakaatnya, kita membaca 1 kali surat Al-Fatihah dan 10 kali surat Al-Ikhlas.

Niat shalatnya adalah sebagai berikut, “Ya Rabbi, aku berniat shalat untuk mendapatkan ridha-Mu. Pada malam ini, berikanlah hamba-Mu yang lemah ini ampunan, keberkahan, dan ridha-Mu dengan wasilah kekasih-Mu tercinta, Rasulullah SAW, yang Engkau muliakan dengan mahabbah-Mu dan dengan menunjukkan kepadanya tujuh lapis langit beserta semua rahasianya.” Kemudian, kita melakukan takbiratul ihram dengan mengucapkan, “Allāhu Akbar.”

Setelah selesai shalat, kita membaca 4 kali surat Al-Fatihah, 100 kali zikir “Subhānallāhi wal hamdulillāhi walā ilāha illallāhu wallāhu akbar, walā haula walā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīm, 100 kali istigfar, dan 100 kali shalawat, lalu berdoa.

Shalat ini juga dapat dikerjakan sebanyak 10 rakaat dengan membaca 100 kali surat Al-Ikhlas pada setiap rakaatnya atau 100 rakaat dengan membaca 10 kali surat Al-Ikhlas pada setiap rakaatnya. Dengan cahaya dan keberkahan shalat ini, seorang mukmin yang mengerjakannya tidak akan kembali ke hadirat Allah SWT dengan membawa utang shalatnya.

Dalam sebuah hadis dikatakan, “Barang siapa berpuasa pada tanggal 27 Rajab (hari setelah malam Isra Mi’raj), niscaya akan dituliskan baginya pahala berpuasa 60 bulan.”

Pada hari setelah malam Isra Mi’raj, di antara waktu zuhur dan asar dilaksanakan shalat sunah Syukur 4 rakaat. Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita membaca 5 kali Ayat Kursi, 5 kali surat Al-Kafirun, 5 kali surat Al-Ikhlas, 5 kali surat Al-Falaq, dan 5 kali surat An-Nas pada setiap rakaatnya. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

Artikel terkait; Mukjizat Miraj yang di jelaskan dalam surat Al-Isra.

Nama-nama: Laki-laki: Rajab, Perempuan: Ruqayah.

Sumber artikel; Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar