Maret 14, 2022

Keadaan Orang-orang yang Menyesatkan dan Orang-orang yang Mengikuti mereka di Hari kiamat


Hikmahdanhikmah.com - Surat As-Shaffat ayat ke-27 sampai ayat ke-34 menjelaskan percakapan, yang terjadi pada hari kiamat, di antara orang-orang yang akan dilemparkan ke dalam neraka dengan orang-orang yang telah menyesatkan mereka. Percakapan tersebut adalah sebagai berikut, “Dan sebagian mereka menghadap kepada sebagian yang lain,” yaitu orang-orang yang tersesat ke dalam kekufuran ketika di dunia dan orang-orang yang menyesatkan mereka, lalu “saling berbantah-bantahan,” saling mencekal dan menentang dengan maksud saling mencerca pada hari kiamat.

“Sesungguhnya (pengikut-pengikut) mereka berkata (kepada pemimpin-pemimpin mereka), “Kamulah yang dahulu datang kepada kami dari kanan” ketika di dunia. Maksudnya, kalian bersikap seakan-akan kalian merupakan orang yang mulia dan berkata jujur. Kemudian, kalian membuat berbagai dalil untuk menipu kami, dan kalian menunjukkan berbagai perbuatan dosa sebagai amal saleh kepada kami.

Kalian telah memikirkan berbagai macam tipu muslihat untuk menyesatkan kami. Kalian telah menipu kami dengan mengatakan semua yang berbahaya itu bermanfaat, dan kami pun percaya dan mengikuti kalian karena mengira kalian cerdas. Padahal, sekarang telah jelas bahwa kalian adalah pembohong. Kami pun celaka karena telah mengikuti kalian.

Sebagai jawabannya, “Mereka (orang-orang yang diikuti ketika di dunia) berkata, ‘Tidak, kalian bukanlah orang-orang yang telah beriman.” Kalian telah terhalangi dari keimanan dengan pilihan kalian sendiri. Kalian seharusnya tidak memperhatikan perkataan-perkataan kami. “Kami pun tidak memiliki wewenang dan kekuasaan atas kalian.” Kami tidak memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk membawa kalian pada kekufuran dengan paksaan. 

Kami pun tidak mengambil kehendak kalian dari tangan kalian secara paksa. Ketika kami berusaha menyesatkan kalian, mengapa kalian tidak berpikir dengan baik sehingga kalian menghargai perkataan-perkataan tipuan kami. Oleh sebab itu, kesalahan ada pada kalian. Mengapa kalian berdebat dengan kami.” Pada akhirnya, mereka akan berkata, “Akhirnya, putusan Rabb kami telah terjadi atas diri kami. Sungguh, kami adalah orang-orang yang akan merasakan (azab-Nya).”

Pada setiap zaman, dalam setiap umat dan bangsa, musuh-musuh agama yang menyesatkan orang-orang yang lemah akal dan agamanya, serta menghina hukum-hukum agama dan para pembesar agama ini muncul dalam berbagai penampilan yang berbeda sesuai dengan keadaan zamannya.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar