Maret 16, 2022

Keutamaan Malam Bara’ah (Nisfu Sya’ban)



Hikmahdanhikmah.com - Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Pada pertengahan bulan Sya’ban, beribadahlah kalian pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya.”

“Barang siapa pada malam ini (malam Bara’ah) menjalankan shalat Hajat 100 rakaat, Allah SWT akan mengirimkan 100 malaikat kepadanya. Tiga puluh di antara mereka akan memberikan kabar gembira kepadanya bahwa ia akan masuk surga, 30 malaikat lainnya akan berkata bahwa ia akan terjaga dari azab neraka Jahanam, 30 malaikat lainnya akan melindunginya dari bencana di dunia, dan 10 malaikat terakhir akan melindunginya dari tipu daya setan.”

“Barang siapa menghidupkan kelima malam ini, yaitu malam Tarwiyah (8 Zulhijah), malam Arafah (9 Zulhijah), malam Iduladha, malam Idulfitri, dan malam Nisfu Sya’ban (malam Bara’ah), niscaya surga wajib baginya.” (At-Targhib wat Tarhib)

Beberapa kekhususan malam Nisfu Sya’ban adalah sebagai berikut.

Pada malam ini akan ditulis semua urusan manusia yang mengandung hikmah, seperti kematian, rezeki, dan urusan lainnya.

Ibadah yang dilakukan pada malam ini akan lebih utama dan bermanfaat.

Pada malam ini Allah SWT menurunkan rahmat ke langit dunia. Dalam sebuah hadis dikatakan, “Pada malam Nisfu Sya’ban, (rahmat) Allah SWT akan turun ke langit dunia.” Orang-orang mukmin akan mendapatkan magfirah, dosa-dosa mereka akan diampuni.

Hak memberikan syafaat secara penuh diberikan kepada Rasulullah SAW pada malam ini. Pada malam ke-13 bulan Sya’ban, Rasulullah SAW meminta kepada Allah SWT agar diberikan izin untuk memberikan syafaat kepada umatnya. Allah SWT pun memberikan izin kepada beliau untuk memberikan syafaat kepada sepertiga dari umatnya. Pada malam ke-14, beliau meminta izin lagi dan Allah SWT memberikan izin kepada beliau untuk memberikan syafaat kepada dua pertiga dari umatnya. Pada malam ke-15 bulan Sya’ban, Rasulullah SAW meminta izin kembali untuk memberikan syafaat kepada (sepertiga) dari umatnya yang tersisa. Akhirnya, Allah SWT pun memberikan izin kepada baginda Rasulullah SAW untuk memberikan syafaat kepada seluruh umatnya.

Bertambahnya air zamzam secara signifikan pada malam ini merupakan sunnatullah (kebiasaan Allah SWT). Kejadian ini memberikan isyarat bahwa pada malam ini ilmu Ilahi akan bertambah dalam hati para ahli hakikat.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar