Maret 27, 2022

Mari Setiap hari Rutin membaca Al-Qur'an meski satu Ayat

Waqaf Al-Qur'an untuk yayasan Pijar Mulya Pati

Hikmahdanhikmah.com - Sahabat hikmah yang berbahagia mari kita Jadikanlah Al-Quran sebagai kebutuhan harian kita, kita Jika tidak makan dan tidak minum misal sehari saja, maka Badan menjadi lemah ... Demikian juga halnya jika kita tidak membaca Al-Quran dalam sehari itu Bisa menjadi hati jiwa kita menjadi lemah bahkan Hati ini menjadi keras, mudah marah,mengeluh dan selalu miskin Tidak qana'ah dan tidak bersemangat dalam menjalani hari karena Tidak tersentuh dengan kebaikan dan hidayah Al-Quranul Karim.

Sungguh benar khabar bahwa Al-Quran akan ditinggalkan sehingga Allah berfirman :

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝُ ﻳَﺎ ﺭَﺏِّ ﺇِﻥَّ ﻗَﻮْﻣِﻲ ﺍﺗَّﺨَﺬُﻭﺍ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻣَﻬْﺠُﻮﺭﺍً 

Artinya : 
“Berkatalah Rasul: "Wahai Rabbku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur'an ini suatu yang TIDAK DIACUHKAN/DITINGGALKAN". (Al Furqan: 30)

Maka Marilah untuk selalu dan Istiqomah Terus
  • Bacalah Al-Quran beberapa juz sehari
  • Jika tidak mampu, beberapa halaman
  • Jika tidak mampu, setengah halaman
  • Jika tidak mampu, beberapa ayat
  • Jika tidak mampu, mohon ampun kepada Allah Maksiat yang banyak telah mengeraskan hati.




Mari Renungkan dalam-dalam dilubuk hati yang paling dalam agar menghunjam sehingga tertanam dengan baik sehingga bisa jadi kebutuhan.
Cinta dunia telah melalaikan akhirat
Waktu itu selalu ada,Setelah shalat subuh
Setelah magrib Dalam perjalanan ke kantor Ketika menunggu dan mengantri
Bukan banyak bacaan yang menjadi utama Akan tetapi istiqamah setiap hari membaca Walaupun hanya beberapa ayat 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
ﻭَﺇِﻥَّ ﺃَﺣَﺐَّ ﺍﻟْﺄَﻋْﻤَﺎﻝِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻣَﺎﺩَﺍﻡَ ﻭَﺇِﻥْ ﻗَﻞَّ

" Sesungguhnya amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang dikerjakan secara terus-menerus (istiqamah) walaupun sedikit." (HR. Bukhari & Muslim)

Foto anak yatim binaan yayasan Pijar Mulya Pati

Al-Quran adalah penyembuh penyakit fisik dan jiwa Kuatkan hati dengan Al-Quran maka setiap hari Istiqomah walaupun satu ayat karena Al-Qur'an adalah Syifa ,Allah SWT berfirman
.
“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” 
(QS. Al-Israa’: 82)


Waqaf itu bagian dari sedekah, boleh diniatkan untuk orang yang sudah wafat. Pahalanya Insya Allah tetap mengalir bagi mereka.Kebolehan bersedekah berdasarkan Al Quran, As Sunnah, dan Ijma'.

Allah Ta'ala berfirman:

وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَٱتَّبَعَتۡهُمۡ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَٰنٍ أَلۡحَقۡنَا بِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَمَآ أَلَتۡنَٰهُم مِّنۡ عَمَلِهِم مِّن شَيۡءٖۚ كُلُّ ٱمۡرِيِٕۭ بِمَا كَسَبَ رَهِينٞ

"Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga), dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya."
(QS. Ath-Thur, Ayat 21) 

Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, katanya:

 أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أُمِّي افْتُلِتَتْ نَفْسُهَا وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ تَصَدَّقْ عَنْهَا

  “Bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Sesungguhnya ibuku wafat secara mendadak, aku kira dia punya wasiat untuk sedekah, lalu apakah ada pahala baginya jika aku bersedekah untuknya? 
Beliau menjawab: “Na’am (ya), sedekahlah untuknya.

(HR. Bukhari No. 2609, 1322, Muslim No. 1004) 

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata saat menjelaskan An Najm: 39:

  فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما، ومنصوص من الشارع عليهما.

  “Adapun doa dan bersedekah, maka keduanya telah disepakati (ijma’) akan sampai kepadanya (mayit), dan keduanya memiliki dasar dalam nash syariat.”
(Imam Ibnu Katsir, Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, Juz.7, Hal. 465)

Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:

وَفِي هَذَا الْحَدِيث جَوَاز الصَّدَقَة عَنْ الْمَيِّت وَاسْتِحْبَابهَا ، وَأَنَّ ثَوَابهَا يَصِلهُ وَيَنْفَعهُ ، وَيَنْفَع الْمُتَصَدِّق أَيْضًا ، وَهَذَا كُلّه أَجْمَعَ عَلَيْهِ الْمُسْلِمُونَ

“Dalam hadits ini menunjukkan bolehnya bersedekah untuk mayit dan itu disunahkan melakukannya, dan sesungguhnya pahala sedekah itu sampai kepadanya dan bermanfaat baginya, dan juga bermanfaat buat yang bersedekah. Dan, semua ini adalah ijma’ (kesepakatan) semua kaum muslimin.”

 (Imam An Nawawi, Al Minhaj Syah Shahih Muslim, 6/20. Mawqi’ Ruh Al Islam)

Demikian. Wallahu a'lam

Semoga Alloh SWT selalu memberi Taufik & hidayah-Nya kita untuk selalu berbuat kebajikan.karena kita Yang Selalu Mengharap Ampunan dan Ridhonya.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar