Maret 25, 2022

Nasehat-Nasehat Imam Abu Yusuf kepada Harun Ar-Rasyid


Hikmahdanhikmah.com - Khalifah Bani Abbasiyah Harun Ar-Rasyid meminta ketua kadinya, Imam Abu Yusuf RH, untuk menulis sebuah kitab agar dirinya tidak terjatuh dalam kesalahan. Imam Abu Yusuf RH pun menulis sebuah karya yang bernama Kitābul Kharāj. Pada bagian awal karyanya tersebut, beliau memberikan beberapa nasihat untuk Khalifah. Sebagian di antaranya adalah sebagai berikut.

Datangkanlah selalu kematian di depan mata Anda dan lakukanlah amal-amal Anda hanya untuk ridha Allah SWT. Sebab, di padang mahsyar, semua hamba akan menunggu putusan atas diri mereka sambil menjerit karena takut akan dahsyatnya hari kiamat. Orang yang sama sekali tidak melakukan amal saleh untuk hari penghisaban dan pemberian catatan amal yang berlangsung sangat sulit itu akan menyesal.

Allah SWT akan memberikan balasan kepada semua orang sesuai dengan amal perbuatan yang mereka lakukan. Umur di dunia sangat pendek, sedangkan bahaya sangat besar, dan dunia itu fana, sedangkan akhirat itu kekal. Esok, janganlah kau menghadap Allah SWT dalam keadaan berpisah dari jalan yang benar. Pada hari itu, seorang hamba tidak akan mendapatkan perlakuan sesuai dengan kedudukan dan jabatannya di dunia, tetapi semuanya akan mendapatkan balasan atas amal-amalnya.

Sadarlah bahwa manusia tidak diciptakan dengan sia-sia dan tidak dibiarkan tanpa pengawasan. Lakukanlah setiap amal yang kau lakukan sambil memikirkan bagaimana dirimu akan mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah SWT.

Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada hari kiamat, kaki-kaki seorang hamba tidak akan bisa bergerak selama belum ditanya dari empat hal berikut. Di mana dia menghabiskan umurnya, untuk apa dia menggunakan masa mudanya, dari mana dia memperoleh hartanya dan untuk apa ia gunakan, serta amal apa yang ia lakukan dengan ilmunya.”

Maka, persiapkanlah jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini mulai hari ini karena buku catatan perbuatan Anda akan dibacakan untuk Anda esok hari. Perbuatan dan keadaan yang tersembunyi pada hari ini kelak akan dibuka di depan semua makhluk di hadapan Allah SWT. Pikirkan keadaan ini dengan baik.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar