Maret 27, 2022

Sholat Pada malam ke-27 bulan Sya’ban,


Hikmahdanhikmah.com - Pada malam ke-27 bulan Sya’ban, kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat Syukur sebanyak 2 rakaat di antara waktu magrib dan isya. Setelah membaca surat Al-Fatihah, diperbolehkan membaca surat yang dikehendaki. Niat shalatnya adalah sebagai berikut, “Ya Rabbi, Engkau telah mendekatkan hamba pada akhir bulannya Rasulullah SAW (bulan Sya’ban) ini. Jadikanlah bulan yang mulia ini sebagai syafaat dan syahid (saksi) bagiku.” Kemudian, langsung dilanjutkan dengan takbiratul ihram.

Setelah selesai shalat, kita membaca 70 kali istigfar (Astaghfirullāhal ‘azhīm wa atūbu ilaīk), 100 kali shalawat (Allāhumma shalli ‘alā rūhi muhammadin fil arwāh wa shalli ‘alā jasadi muhammadin fil ajsād, wa shalli ‘alā qabri muhammadin fil qubūr.” Kemudian, kita memulai berdoa seperti ini, “Ya Rabbi, dengan kehadirat-Mu, hamba memohon…” (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGONSUMSI MAKANAN


Pola makan yang sehat sangat penting untuk kesehatan. Penyebab obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskuler, osteoporosis, kelumpuhan, penyakit sistem tulang dan otot, terutama pada usia lanjut, umumnya adalah pola pemenuhan nutrisi yang tidak tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemenuhan nutrisi yang sehat adalah sebagai berikut.

Sarapan pagi –makan sahur bagi yang berpuasa– tidak boleh diabaikan.

Berhati-hati agar tidak menambah berat badan yang berlebihan, dan setiap hari harus melakukan gerakan tubuh dan olahraga dengan jalan kaki sesuai dengan usia.

Harus berusaha mengurangi makan makanan yang berminyak, dan lebih memilih menggunakan minyak zaitun untuk memasak.

Makanan harus dimasak dengan proses perebusan atau di dalam oven yang merupakan cara memasak yang lebih sehat.

Lebih memilih makanan penutup yang mengandung susu dibandingkan dengan makanan penutup yang mengandung gula dan tepung, yang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat.

Sebisa mungkin mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari sesuai dengan musimnya, dan memakan kacang-kacangan kering 2-3 kali dalam seminggu.

Tidak boleh menggunakan garam terlalu banyak pada makanan.

Minumlah air sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Selain itu, teh linden, jus buah segar, ayran (minuman yang terbuat dari yoghurt), teh, dan sup adalah minuman yang cocok untuk pemenuhan nutrisi sehat.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar