Maret 04, 2022

Tiga Keutamaan Lemah lembut, Dermawan, Pengabdian Pada Agama



Hikmahdanhikmah.com - Ibnu Jubair (w. 1217) menulis dalam buku perjalanannya sebagai berikut.

Sultan Salahuddin Al-Ayyubi adalah salah seorang sultan Islam terbaik yang pernah memimpin. Seorang alim yang pernah berada di majelisnya menjelaskan tiga keutamaan Sultan (yang mengikuti jalan orang-orang saleh terdahulu) dengan tiga kata-katanya dalam sebuah majelis ilmu.

“Sifat halim (lemah lembut) adalah perangai Sultan Salahuddin Al-Ayyubi. Di dalam suatu waktu dia memaafkan kesalahan yang dilakukan kepadanya dan berkata, ‘Bagiku, memaafkan kesalahan yang dilakukan seseorang terhadapku lebih baik daripada menghukumnya.’ Derajat lemah lembut ini merupakan jalan Ahnaf bin Qais, seorang tabiin yang terkenal dengan sifat lemah lembutnya.

Suatu hari, kedermawanan para sultan terdahulu dibahas. Sultan Salahuddin berkata, “Jika aku memberikan seluruh dunia kepada siapa pun yang datang mengharapkan sesuatu dariku, aku tidak akan menganggapnya banyak. Meskipun aku mengosongkan semua hartaku, itu tidak sebanding dengan kata-kata (permohonan dan rasa syukur) yang dicurahkan untuk mendapatkan sesuatu dariku.” Kedermawanan ini adalah jalan Harun Ar-Rasyid.

Seseorang yang dipercaya oleh Sultan datang ke hadapan beliau. Ia mengeluhkan orang yang menjual unta karena unta itu terlihat kecacatannya setelah dibeli. Sultan berkata kepadanya, “Apa yang kau harapkan dariku untukmu? Kaum muslim memiliki hakim di antara mereka. Keadilan agama kita menjangkau semua orang. 

Perintah dan larangan agama mengikat semua orang. Aku hanyalah seorang hamba dan pelayan syariat agama. Pergilah kau ke mahkamah, di sana hukum akan diberikan dengan keadilan, apakah hukum itu akan mendukungmu atau menjatuhkanmu.” Keadilan ini adalah jalan Sayidina Umar bin Khattab RA.

IJTIMAK, RUKYAT, DAN PERMULAAN BULAN SYA’BAN


Ijtimak bulan Sya’ban tahun 1443 H jatuh pada hari Kamis, 03 Maret 2022 pukul 00.36 WIB. Sementara itu, rukyat jatuh pada hari Kamis, 03 Maret pukul 12.49 WIB.

Adapun tempat-tempat terlihatnya hilal meliputi Samudera Pasifik, Kepulauan Hawaii, Galapagos dan Solomon, Benua Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Sri Lanka.

Satu hari setelah terlihatnya hilal, yakni hari Jumat, 04 Maret adalah hari pertama bulan Sya’ban.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar