April 09, 2022

Inilah Beberapa Manfaat kita Berpuasa



Hikmahdanhikmah.com - Tujuan makan dan minum adalah untuk dapat melangsungkan hidup dan mendapatkan kekuatan untuk beribadah. Mengisi perut sampai penuh dapat menghalangi tercapainya kedua tujuan ini. Maka dari itu, sebagaimana yang dimengerti dari surat Al-A’raf ayat ke-31 yang artinya “Makanlah dan minumlah kalian, tetapi janganlah kalian berlebih-lebihan”, hal yang utama adalah bersahaja dalam mengonsumsi makanan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa:

• Fakta membuktikan bahwa perut kenyang memiliki efek penting dan negatif pada perasaan. Kemudian, hal itu akan membebani jantung serta memperlambat pikiran dan kesadaran. Sementara itu, berpuasa dapat menenangkan jantung dan memperbaiki kekuatan berpikir.

• Setiap muslim harus menyibukkan dirinya dengan berzikir. Keberhasilan melakukan hal ini dengan ketenangan hati bergantung pada keadaan perut yang kosong. Telah diketahui oleh para ahli bahwasanya kelezatan dan pengaruh dari munajat yang dilakukan lebih banyak didapatkan saat perut kosong.

• Puasa adalah cara yang paling utama untuk mengungkapkan ketidakberdayaan hamba serta menghilangkan sifat berlebihan dan lalai yang disebabkan oleh rasa kenyang. Sebab, kerendahan dan kelembutan hati yang dirasakan saat berpuasa tidak bisa dirasakan pada derajat yang sama dalam keadaan apa pun. Keutamaan memikirkan orang-orang yang tertimpa musibah sambil merenungi bencana dan siksaan Ilahi hanya akan muncul dengan sempurna ketika merasakan kelaparan yang merupakan salah satu musibah yang paling parah.

• Nikmat yang paling utama adalah memutus hawa nafsu yang menyebabkan berbagai macam musibah. Hal ini terdapat dalam ibadah puasa untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT.

• Banyak makan menyebabkan banyak minum, banyak minum menyebabkan banyak tidur, dan banyak tidur pun menyebabkan seseorang menyia-nyiakan umurnya yang mulia. Sementara itu, puasanya seorang muslim yang ingin melalui waktunya dengan berzikir akan mencegah semua ini.

Singkatnya, bukan hanya dalam hal makanan, dalam memperoleh segala keinginan dan tujuan dunianya pun seseorang harus bersahaja.
Sumber artikel;Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar