April 18, 2022

Inilah Nikmat-nikmat yang diberikan pada Manusia



Hikmahdanhikmah.com - Nikmat-nikmat yang diberikan kepada manusia itu sangat banyak hingga tak terhitung. Nikmat-nikmat ini secara umum terbagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama adalah nikmat-nikmat yang abadi, tidak akan pernah berubah, dan tidak akan pernah hilang. Ini adalah nikmat-nikmat akhirat.

Bagian kedua adalah nikmat-nikmat yang dapat berubah dan hilang. Ini adalah nikmat-nikmat dunia. Ketika nikmat-nikmat dunia ini tidak mengantarkan kita pada nikmat-nikmat akhirat, nikmat itu bagaikan fatamorgana yang terlihat di padang pasir dan dikira sebagai air. Nikmat-nikmat dunia adalah kesombongan yang menipu, fitnah, dan azab.

Ketika nikmat-nikmat dunia dimanfaatkan sebagaimana mestinya, yaitu digunakan sesuai tujuan dan hikmah penciptaannya, ia akan mengantarkan seseorang meraih nikmat dan kebahagiaan akhirat yang hakiki.

Beberapa orang menggunakan nikmat-nikmat dunia sesuai dengan apa yang Allah SWT perintahkan. Karena mereka berlaku seperti itu, mereka memperoleh manfaatnya, dan nikmat-nikmat dunia menjadi nikmat dan kebahagiaan yang hakiki bagi orang-orang tersebut. Orang-orang ini menjalani kehidupan yang sangat bersih dan damai di dunia dan akhirat.

Ketika memanfaatkan nikmat-nikmat dunia, beberapa orang lainnya keluar dari jalan yang Allah SWT ridhai, dan condong pada kehidupan dunia. Oleh sebab itu, nikmat-nikmat dunia menjadi hukuman bagi mereka dan penyebab azab di neraka. Dengan demikian, mereka tidak memperoleh ketenangan di dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nur ayat karimah ke-39 sebagai berikut,

“Amal-amal orang-orang kafir adalah laksana fatamorgana (yang menipu) di tanah yang datar (pada siang hari di musim panas), yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila ia mendatangi (air) itu, dia tidak mendapatinya sesuatu apapun (yang memberi manfaat). (Orang-orang kafir mengira amal-amal mereka akan memberikan manfaat, tetapi ketika kematian tiba, bukan amal yang mereka dapati, melainkan) mereka mendapati (azab) Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya.”

Nama-nama: Laki-laki: Idris, Perempuan: Inayah.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar