> Inilah Nikmat-nikmat yang diberikan pada Manusia - BAYAR ZAKAT ONLINE

April 18, 2022

Inilah Nikmat-nikmat yang diberikan pada Manusia



Hikmahdanhikmah.com - Nikmat-nikmat yang diberikan kepada manusia itu sangat banyak hingga tak terhitung. Nikmat-nikmat ini secara umum terbagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama adalah nikmat-nikmat yang abadi, tidak akan pernah berubah, dan tidak akan pernah hilang. Ini adalah nikmat-nikmat akhirat.

Bagian kedua adalah nikmat-nikmat yang dapat berubah dan hilang. Ini adalah nikmat-nikmat dunia. Ketika nikmat-nikmat dunia ini tidak mengantarkan kita pada nikmat-nikmat akhirat, nikmat itu bagaikan fatamorgana yang terlihat di padang pasir dan dikira sebagai air. Nikmat-nikmat dunia adalah kesombongan yang menipu, fitnah, dan azab.

Ketika nikmat-nikmat dunia dimanfaatkan sebagaimana mestinya, yaitu digunakan sesuai tujuan dan hikmah penciptaannya, ia akan mengantarkan seseorang meraih nikmat dan kebahagiaan akhirat yang hakiki.

Beberapa orang menggunakan nikmat-nikmat dunia sesuai dengan apa yang Allah SWT perintahkan. Karena mereka berlaku seperti itu, mereka memperoleh manfaatnya, dan nikmat-nikmat dunia menjadi nikmat dan kebahagiaan yang hakiki bagi orang-orang tersebut. Orang-orang ini menjalani kehidupan yang sangat bersih dan damai di dunia dan akhirat.

Ketika memanfaatkan nikmat-nikmat dunia, beberapa orang lainnya keluar dari jalan yang Allah SWT ridhai, dan condong pada kehidupan dunia. Oleh sebab itu, nikmat-nikmat dunia menjadi hukuman bagi mereka dan penyebab azab di neraka. Dengan demikian, mereka tidak memperoleh ketenangan di dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nur ayat karimah ke-39 sebagai berikut,

“Amal-amal orang-orang kafir adalah laksana fatamorgana (yang menipu) di tanah yang datar (pada siang hari di musim panas), yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila ia mendatangi (air) itu, dia tidak mendapatinya sesuatu apapun (yang memberi manfaat). (Orang-orang kafir mengira amal-amal mereka akan memberikan manfaat, tetapi ketika kematian tiba, bukan amal yang mereka dapati, melainkan) mereka mendapati (azab) Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya.”

Nama-nama: Laki-laki: Idris, Perempuan: Inayah.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar