April 02, 2022

Keutamaan Membaca Al-Qur'anul Karim



Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT telah memerintahkan untuk berpegang teguh pada Al-Quranul Karim dan mencegah dari menentangnya dalam surat Az-Zumar ayat 23 (yang artinya) sebagai berikut, “Allah SWT telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (kemuliaan ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar (karena Al-Quran itu) kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian kulit dan hati mereka menjadi tenang ketika mengingat Allah SWT. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia memberikan petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya. Barang siapa disesatkan oleh Allah, SWT niscaya tidak ada baginya seorang pemberi petunjuk.”

Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh, Al-Quranul Karim itu adalah (setara dengan) jamuan Allah SWT. Maka dari itu, terimalah (manfaatkanlah) jamuan tersebut sekuat tenagamu.

Sesungguhnya Al-Quran ini adalah tali yang kuat dan cahaya Allah SWT yang terang. Al-Quran juga merupakan sumber manfaat dan kesembuhan, pelindung orang yang berpegang teguh padanya, dan penyelamat orang yang mengikutinya. Mukjizat Al-Quranul Karim tidak ada habisnya, dan Al-Quranul Karim tidak akan menjadi usang dengan membacanya berulang-ulang.

Bacalah Al-Quranul Karim ini. Sebab, Allah SWT akan memberikan kepada kalian sepuluh kebaikan (pahala) untuk setiap hurufnya. Akan tetapi, ketahuilah, aku tidak mengatakan bahwa ‘alif, lām, mīm’ itu satu huruf, tetapi ‘alif’ adalah satu huruf, ‘lām’ satu huruf, dan ‘mīm’ itu satu huruf.”

Ya Allah, anugerahkanlah kami rasa yang berbeda dari setiap huruf, keajaiban dari setiap kata, pertolongan Ilahi dari setiap ayat, kebahagiaan dari setiap surat, dan pahala dari setiap juz Al-Quran yang kami baca.

Ya Allah, dari huruf-huruf Al-Quran, berikanlah kami ulfah (kasih sayang) dengan wasilah huruf alif, berkah dengan huruf ba, dan taubat dengan huruf ta. Anugerahkanlah kami kemampuan untuk bisa meningkatkan tsawāb (pahala-pahala) kami dengan huruf tsa, dan memperoleh jamāl (keindahan-keindahan) dengan huruf jīm.

Berikanlah kami hikmah dengan huruf ha, khullah (persahabatan) dengan huruf kha, dunuw (kedekatan dengan saudara-saudara seagama) dengan huruf dāl, dzakā (kecerdasan) dengan huruf dzal, rahmat dengan huruf rā, ziyādah (peningkatan) dengan huruf zā, salāmah (keselamatan) dengan huruf sīn, Syifā (kesembuhan) dengan huruf syīn, shadāqat (kejujuran dan kesetiaan) dengan huruf shād, dhiyā (cahaya) dengan huruf dhād, tharawah (kesegaran) dengan huruf thā, zhafar (kemenangan) dengan huruf zhā, ilmu dengan huruf ‘ain, dan ghinā (kekayaan) dengan huruf ghain.

Karuniailah kami falāh (keselamatan) dengan huruf fā, qurbah (kedekatan maknawiyah terhadap-Mu) dengan huruf qāf, kifayah (kecukupan) dengan huruf kāf, luthuf (kelembutan) dengan huruf lām, maw’idhah (nasihat) dengan huruf mīm, nur (cahaya) dengan huruf nūn, walayah (kedekatan dengan Allah SWT) dengan huruf wāw, hidayah dengan huruf ha, liqa (perjumpaan dengan-Mu) dengan huruf lām alif, dan yusr (kemudahan) dengan huruf yā. Aamiin (Marifetname, E. Ibrahim Hakkı)

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar