April 17, 2022

Apakah Berbahaya Kebiasaan Sering Menelan Ingus ?

sumber gambar : https://health.detik.com

Hikmahdanhikmah.com – Saat kita sedang pilek, maka kebiasaan yang sering kali kita lakukan adalah menelan ingus. Kebiasaan ini terkadang kita lakukan secara tak sengaja karena kondisi tertentu. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah berbahaya kebiasaan sering menelan ingus ?

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa menelan ingus bagi penderita pilek memang tak bisa terhelakkan. Meskipun demikian bukan berarti menelan ingus disarankan. Sebaiknya ingus harus kita keluarkan, namun cara membuang ingus harus kita perhatikan.

Berbicara tentang membuang ingus yang, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sering kali kita membuang ingus dengan terlalu kuat mendorong lewat hidung yang berakibat pada rasa yang tak nyaman atau bahkan sering kali menyebabkan rasa nyeri. Oleh karena itu dalam membuang ingus disarankan untuk melakukannya dengan pelan-pelan dan lakukan secara bergantian antara hidung kanan dan kiri.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa proses membuang ingus yang dilakukan dengan terlalu kuat bisa memicu penyakit sinusitis dan otitis media. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang kuat pada rongga hidung bagian dalam.

Jika ternyata ingus tak sengaja kita telan, maka yang harus kita lakukan sebaiknya mengeluarkannya kembali jika masih memungkinkan. Jika ternyata sudah terlanjur masuk tertelan, maka kondisi ini tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan tak membahayakan organ pencernaan.


Artikel Terkait : Manfaat pencernaan yang Sehat bagi daya Tahan tubuh Anak.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar