April 11, 2022

Inilah Keutamaan Sholat Malam



Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra’ ayat ke-79, “Pada sebagian malam, lakukanlah shalat Tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu (pada hari kiamat) ke Makam Mahmud (tempat yang terpuji).” Makam Mahmud adalah makam syafaat Rasulullah SAW untuk umatnya, yaitu makam yang dipuji-puji oleh seluruh umat manusia sebelumnya.

Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku menyarankan kalian untuk senantiasa mengerjakan ibadah pada malam hari. Sebab, ini adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Sesungguhnya ibadah pada malam hari akan mendekatkan kalian kepada Allah SWT, menjauhkan kalian dari perbuatan dosa, menjadi kafarah atas dosa-dosa kalian, dan menjadi obat untuk segala penyakit yang ada di badan.”

“Wahai Abu Dzar, jika kau akan melakukan perjalanan, bukankah kau akan melakukan persiapan untuk perjalanan itu? Lalu, apa yang kau lakukan untuk perjalanan menuju hari kiamat? Wahai Abu Dzar, inginkah engkau aku beritahukan sesuatu yang bermanfaat untuk hari itu? Berpuasalah pada hari yang sangat panas untuk menghadapi panasnya padang mahsyar. Lakukanlah shalat dua rakaat di kegelapan malam untuk menghilangkan kesepian dalam kubur.”

Allah SWT berkata kepada Nabi Daud ‘Alaihissalām sebagai berikut,

“Wahai Daud, orang yang tidur sepanjang malam dan mengaku mencintai-Ku itu telah berbohong. Bukankah seorang kekasih ingin berduaan dengan kekasihnya? Sungguh, Aku mengetahui keadaan orang-orang yang mencintai-Ku, Aku melihat permohonan mereka, mendengar rintihan mereka, dan melihat keadaan mereka. Wahai Daud, malam adalah pintu-Ku.

Orang yang mencintai-Ku hendaknya mendatangi dan menghampiri pintu-Ku. Pintu-Ku selalu terbuka untuk orang-orang yang menginginkan ridha-Ku. Wahai Daud, Aku bersumpah atas keagungan dan kekuasaan-Ku, setelah melaksanakan shalat-sahlat fardu, hamba-hamba-Ku yang memperoleh nikmat kedekatan dengan-Ku itu tidak mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu amal yang lebih baik daripada shalat malam. Wahai Daud, pada hari kiamat, shalat malam merupakan cahaya di wajah pemiliknya.”

Para ulama mengatakan bahwa orang yang banyak melakukan shalat malam wajahnya menjadi indah pada siang hari dan kedudukannya meningkat di sisi Allah SWT.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar