Mei 31, 2022

Apa yang dimaksud dengan tabaruk?


Hikmahdanhikmah.com - Tabaruk berarti mendapatkan keberkahan. Berkah artinya bertambah atau menjadi banyak, baik secara lahir maupun batin. Berkah juga dikatakan untuk kebaikan yang datang dari Allah SWT pada suatu hal dan kelanjutannya.

Mubarak adalah sesuatu yang padanya terdapat kebaikan dan keberkahan.

Tabrik berarti mendoakan keberkahan.

Tabaruk adalah meminta keberkahan dari Allah SWT melalui sebuah perantara. Sebenarnya, tabaruk adalah sebuah bentuk tawasul pada sesuatu, baik berupa tempat, peninggalan, maupun orang. Sementara itu, arti bertabaruk dengan orang-orang saleh dan peninggalan-peninggalannya adalah memohon bertambahnya kebaikan dengan wasilah kedudukan mereka di sisi Allah SWT. Melakukan tabaruk dengan surat-surat Al-Quranul Karim, makam mulia, rambut, janggut, pakaian, dan jubah Rasulullah SAW serta tempat-tempat orang saleh berada adalah sesuatu yang telah ditetapkan dengan banyak hadis syarif dan perkataan salafus shalihin.

Sayidah Aisyah Radhiyallāhu ‘anhā berkata, “Rasulullah SAW memerintahkan aku untuk membaca (beberapa doa dan ayat karimah) dalam menghadapi penyakit ain.”

Ulama hadis yang bernama Khattabi RH berkata, “Rasulullah SAW menyarankan pembacaan nama-nama dan sifat-sifat Allah SWT serta ayat-ayat yang mengandung zikrullah seperti ayat kursi, yang disebut ‘Qawāriul Quran’, oleh seorang ahli takwa untuk mengobati orang-orang yang menderita penyakit ain. Pembacaan ini adalah sebuah pengobatan secara maknawiyah.”

Khalid bin Walid RA menjelaskan sebab mengapa dirinya bersikeras agar serbannya, yang hilang pada Perang Yarmuk, dicari dan ditemukan sebagai berikut,

“Ketika Rasulullah SAW melakukan umrah dan mencukur rambutnya, semua orang berlomba-lomba untuk mengambil rambut Rasulullah SAW meski hanya sehelai. Aku pun memperoleh kemuliaan mendapatkan rambut mulia Rasulullah SAW dan aku meletakkan rambut tersebut ke dalam serban itu. Berkatnya, dalam semua pertempuran yang aku lakukan, aku menang dengan pertolongan Allah SWT.”

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Baca juga : Setiap Orang Harus Bersyukur Atas Nikmat yang diberikan.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar