Juni 02, 2022

Golongan Jin dalam kitab Suci Al-Qur'an



Hikmahdanhikmah.com - Makhluk berakal selain manusia ada tiga kelompok.

Makhluk yang seluruhnya baik, yaitu malaikat. Malaikat tidak pernah melakukan kesalahan, tidak pernah menipu manusia, dan tidak pernah keluar dari perintah Allah SWT.

Makhluk yang seluruhnya buruk, yaitu setan. Setan selalu menipu manusia serta bekerja untuk keburukan dan kejahatan.

Makhluk yang sebagiannya buruk dan sebagian lainnya baik, yaitu jin. Allah SWT telah menciptakan jin (dari api) terlebih dahulu sebelum menciptakan manusia.

Sebagaimana keyakinan yang salah tentang jin telah ditolak dan dibatalkan dalam banyak ayat karimah, hal tersebut juga telah diberitahukan dalam surat Jin. Dalam surat tersebut, telah dijelaskan bahwa kepercayaan-kepercayaan yang salah tentang jin adalah sesuatu yang tidak benar, adanya pengaruh Al-Quranul Karim atas diri mereka, selain mereka merupakan makhluk yang benar-benar ada dengan bentuk yang bagaimana pun, di antara mereka juga ada yang muslim, kafir, baik, dan buruk. Selain itu, dijelaskan pula bahwa jin-jin tidak memiliki kekuasaan terhadap Allah SWT, dan mereka adalah makhluk yang lemah, akan dimintai pertanggungjawabannya, dan akan merasakan hari kiamat.

Orang-orang yang beriman kepada Allah SWT semestinya tidak takut terhadap keburukan mereka. Pengaruh dan gangguan mereka terhadap manusia bisa terjadi dengan perantara sebagian orang. Dengan diutusnya Rasulullah SAW, jin-jin tidak bisa lagi melakukan apa yang mereka lakukan pada masa jahiliah dan fatrah, dan mereka tidak bisa mencapai tempat-tempat yang ingin mereka datangi seperti pada masa sebelumnya. Di tempat-tempat tersebut, mereka akan disambut dengan api terang yang mengawasi mereka dan tidak memungkinkan mereka untuk masuk.

Sementara itu, jin-jin yang masih ingin melanjutkan kejahatannya tidak akan memiliki kekuatan apa pun terhadap kekuasaan Allah SWT. Jin-jin tidak akan bisa membahayakan orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Jin-jin yang tidak beriman akan celaka dan dilemparkan ke dalam neraka. Sementara itu, jin-jin yang telah beriman akan berkhidmah pada kebenaran, bukan pada kejahatan. Maka dari itu, seorang mukmin tidak boleh berdoa dan beribadah kepada selain Allah SWT serta tidak boleh tertipu dengan mengira bahwa jin mengetahui sesuatu yang gaib.

Baca juga : Keluarga besar rukyah Aswaja cabang Pati Jawa tengah silaturahmi halal bihalal ke Guru besar KBRA.

Setan juga merupakan bangsa jin. Seorang muslim harus mengetahui bahwa setan adalah musuh manusia, dan harus menghindari dari mengikutinya dan mengikuti bisikannya. Seorang mukmin harus memohon perlindungan kepada Allah SWT dengan mengucapkan, “A’ūdzu billāhi minasy syaithānir rajīm.”

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar