Juni 05, 2022

Salah Seorang sahabat wanita,Salma R.anha


Hikmahdanhikmah.com - Salma R.’anhā telah memperoleh kemuliaan dengan menjadi pengurus dan ibu susu untuk putra-putri Rasulullah SAW, yaitu Fatimah dan Ibrahim R.’Anhumā. Selain itu, beliau merupakan salah seorang perempuan yang memandikan jenazah Fatimah R.’Anhā.

Salma R.’anhā menikah dengan Abu Rafi’ yang merupakan budak yang dimerdekakan oleh Abbas RA. Kedua suami istri ini bersama-sama melayani keluarga Rasulullah SAW.

Salma R.’anhā ikut serta dalam Penaklukan Khaibar bersama ashabul kiram. Selain itu, Salma R.’anhā juga merupakan sahabat perempuan yang memberi tahu Sayidina Hamzah R.Anhu bahwa Abu Jahal menyakiti Rasulullah SAW, lalu menjadi wasilah masuk Islamnya Sayidina Hamzah RA.

Karena Salma R.’anhā senantiasa berada dalam khidmah kepada Rasulullah SAW, banyak hadis syarif yang telah diriwayatkan darinya. Berikut ini beberapa di antaranya,

“Apabila Rasulullah SAW terluka karena pedang, batu, duri, atau lainnya, beliau akan segera memerintahkanku untuk menuangkan inai ke atas luka tersebut.”

“Rasulullah SAW berkata, ‘Lakukanlah bekam!’ kepada semua orang yang mengeluhkan rasa sakit di kepalanya, dan beliau berkata ‘Balurlah kaki-kaki kalian dengan inai!’ kepada semua orang yang mengeluhkan rasa sakit di kaki mereka.”

Rasulullah SAW berkata, “Seorang perempuan masuk neraka karena seekor kucing yang ia kurung di dalam rumah. Selain tidak memberi makan kucing sambil memenjarakannya, ia juga tidak melepaskan kucing itu dan mencegahnya memakan sesuatu di luar.”

Salma R.’anhā menceritakan sebuah kenangannya sebagai berikut, “Suatu hari aku menyiapkan makanan untuk Rasulullah SAW, lalu aku menghidangkannya. Rasulullah SAW memakan makanan itu bersama beberapa ashabul kiram. Sup tersisa sedikit.

Ketika itu, seorang badui mendatangi Rasulullah SAW. Rasulullah SAW juga mengajaknya untuk makan. Orang badui itu langsung mengambil semua makanan yang tersisa. Atas hal ini, Rasulullah SAW berkata kepadanya, “Taruhlah makanan itu.” Orang badui pun menaruhnya. Setelah itu, Rasulullah SAW berkata, ‘Bacalah basmalah dan makanlah dari bagian pinggirnya.’ Orang badui itu pun melakukan hal tersebut dan perutnya pun menjadi kenyang. Bahkan, makanan itu masih tersisa.”

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Baca juga : keutamaan bacaan basmalah.


Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar