Juni 09, 2022

Sebuah Jalan Menuju penaklukan Istanbul


Hikmahdanhikmah.com - Menguasai Roma Timur agar umat Islam bisa bertahan di Anatolia adalah sebuah keharusan dari segi sejarah dan kemiliteran.

Hadis-hadis yang memberi tahu umat Islam tentang pentingnya penaklukan Istanbul juga menyatakan keharusan besar itu. Pemahaman ini menjadi sebab awal dilancarkannya serangan ke tanah Byzantium oleh umat muslim sejak tahun-tahun awal dengan banyak invasi dan mengantarkan sebagian dari serangan besar ini hingga ke benteng-benteng Istanbul.

Serangan pertama dilakukan pada masa Khalifah Utsman bin Affan RA, tepatnya pada tahun 655 Masehi (34 H), oleh Muawiyah RA yang saat itu merupakan Gubernur Suriah dan kemudian menjadi khalifah pertama Bani Umayyah.

Serangan pertama, yang disebut ‘Perang Tiang’ oleh umat muslim karena tiang-tiang yang ada di kapal mereka, merupakan sebuah ekspedisi laut. Meskipun telah berhasil mengalahkan angkatan laut Byzantium, yang dipimpin oleh Kaisar Konstans sendiri, di pantai barat daya Anatolia dan di depan Finike yang saat ini berada di provinsi Antalya, angkatan laut muslim yang berada di bawah komando Ibnu Abi Sarh tidak dapat mencapai Istanbul.

Pada masa Sulaiman bin Abdul Malik, salah seorang khalifah Bani Umayyah, Istanbul telah dikepung dalam invasi keempat yang dipimpin oleh saudaranya, Maslamah, tetapi tidak berhasil ditaklukkan. Salah satu hasil dari serangan ini adalah orang-orang Byzantium terpaksa membangun masjid di Istanbul untuk pertama kalinya.

Merupakan fakta sejarah bahwa target menaklukkan Istanbul adalah faktor utama bahkan dalam penaklukan Anatolia yang dimulai setelah Kemenangan Malazgirt pada 1071.

Tidak lama setelah Kemenangan Malazgirt, orang-orang Turki, yang menguasai pantai Anatolia di Bosphorus dengan Laut Marmaranya dan dari Semenanjung Kapıdağ (di Laut Marmara) sampai Üsküdar dan Kadıköy, menjadikan Üsküdar sebagai pusat operasi, bahkan menyeberangi selat dan bergerak mengambil langkah pertama menuju target terbesar mereka.

Baca juga : Sekolah Sekolah Sibyan pada Era kesultanan Turki-Usmani.

Akhirnya, penaklukan Istanbul ini berhasil diraih oleh Sultan Muhammad Al-Fatih, salah seorang sultan Daulah Utsmaniyah, bersama pasukannya.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar