Juli 27, 2022

Apa yang dimaksud dengan agama menurut Islam?



Hikmahdanhikmah.com - Agama menurut bahasa berarti adat, jalan yang ditempuh, ketaatan, dan hukuman. Sementara itu, agama menurut istilah adalah sebuah qanun Ilahi atau sekumpulan hukum-hukum Ilahi yang Allah SWT sampaikan dan anugerahkan kepada umat manusia melalui para nabi-Nya.

Berkat agama Ilahi ini, manusia bisa mengenal Allah SWT dengan benar. Mereka mengetahui dan melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab mereka. Berkat agama juga, mereka mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Allah SWT sendirilah yang mengirim agama, dan para nabi menyampaikannya. Agama-agama yang diajarkan oleh semua rasul dan nabi pada dasarnya sama. Semuanya merupakan agama yang benar, dan tidak ada perbedaan di antara agama-agama ini dalam hal keyakinan.

Baca juga: Istilah-istilah Agama syariat dan Hukum hukum syari.

Semua nabi menyampaikan prinsip yang sama kepada umat mereka. Akan tetapi, sebagai hikmah Ilahi, terdapat beberapa perbedaan di antara hukum-hukum agama mengenai ibadah dan muamalah. Misalnya, beberapa tugas yang menjadi kewajiban kita saat ini mungkin bukan merupakan tugas yang menjadi kewajiban bagi beberapa umat yang lalu.

Lawan dari agama yang benar adalah agama yang sesat dan menyimpang. Manusia tidak memiliki hak untuk menciptakan agama atas kemauan mereka sendiri. Agama-agama yang diciptakan atau diselewengkan manusia bukanlah agama yang benar. Itu semua hanya merupakan agama palsu atau menyimpang.

Pada dasarnya, agama yang dibuat dengan mengubah agama yang benar yang disampaikan oleh seorang nabi besar, atau agama yang dibuat dengan memberikan makna yang salah terhadap ketentuannya juga merupakan agama yang menyimpang. Semua itu tidak ada nilainya di sisi Allah SWT. Orang-orang yang mengikuti semua ini akan kehilangan iman yang benar dan akan jatuh ke dalam siksaan yang kekal.

Semua agama yang menyandarkan ketuhanan kepada berhala, benda mati, dan manusia, yang tidak menerima kenabian Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan tidak mengikutinya termasuk ke dalam agama-agama yang menyimpang.

Baca juga : Penyampaian-Agama-oleh-Para-Nabi.

Nama-nama: Laki-laki: Irfan, Perempuan: Khalisah

Sumber artikel;Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar