Juli 04, 2022

Batasan dalam berpakaian janganlah berlebih-lebihan


Hikmahdanhikmah.com - Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT senang melihat atsar (bentuk atau wujud) nikmat yang Dia berikan kepada hamba-hamba-Nya pada diri mereka.”

Pakaian yang kita kenakan tidak boleh terlalu bagus dan mencolok sehingga menimbulkan kesombongan dan keangkuhan, juga tidak boleh terlalu buruk sehingga menimbulkan penghinaan dan perendahan. Sementara itu, berpakaian untuk menunjukkan nikmat Allah SWT adalah bagian mustahab dari berpakaian. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 31-32 sebagai berikut,

“Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Wahai kekasih-Ku,) Katakanlah, “Siapa yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik?”

Ada juga tata cara berpakaian yang diperbolehkan, yaitu memakai pakaian yang bagus pada hari Jumat, hari raya, dan saat mengikuti pertemuan-pertemuan. Dalam hal ini pun disyaratkan tidak menyebabkan kesombongan. Ketika keluar dari rumah, Rasulullah SAW mengenakan jubah yang bernilai seribu dirham. Akan tetapi, beliau melaksanakan shalat dengan mengenakan jubah seharga empat ribu dirham.

Terdapat kemakruhan dalam berpakaian dengan tujuan menyombongkan diri. Sebab, Rasulullah SAW berkata kepada Miqdad bin Ma’dikarib RA, “Makan, minum, dan berpakaianlah tanpa menyombongkan diri.”

Baca juga : Inilah Hikmah Mengenakan Pakaian Sesuai Tuntutan

HEMAT BAHAN BAKAR


Untuk menghemat bahan bakar ketika menggunakan kendaraan, seseorang harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

• Rute yang tepat untuk dilalui harus ditentukan sebelum berangkat. Mobil harus digunakan dengan tenang dan tanpa akselerasi mendadak dengan mengganti gigi pada kecepatan yang sesuai. Selain itu, dia semestinya tidak menggunakan kendaraan dalam kecepatan yang tinggi.

• Ban kendaraan harus pada tekanan yang tepat.

• Mesin mobil harus dimatikan saat menunggu.

• Perawatan mobil harus dilakukan pada waktunya.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar