Agustus 26, 2022

Apa sajakah yang dilakukan pada hari Asyura?



Hikmahdanhikmah.com - Apa sajakah yang dilakukan pada hari Asyura?

• Pada hari Asyura dianjurkan membeli makanan-makanan pokok secukupnya agar terdapat keberkahan di dalam rumah selama setahun penuh.

• Mengucapkan salam paling sedikit kepada sepuluh orang muslim atau mengucapkan 10 kali salam kepada satu orang muslim.

• Menyenangkan fakir miskin.

• Orang yang gusul (mandi wajib) pada hari itu tidak akan terkena penyakit ringan selama satu tahun.

• Membaca doa ini sebanyak 10 kali “Subhānallāhi mil-al mīzān wa muntahal ‘ilmi wa mablaghar ridhā wa zinatal ‘arsy”.

• Khusus hari Asyura, pada waktu duha dianjurkan shalat sunah 2 rakaat. Pada setiap rakaatnya dibaca 1 kali surat Al-Fatihah dan 50 kali surat Al-Ikhlas.

Baca juga ; Penyalur zakat infaq Sodaqoh di Jepara Jawa Tengah.

• Setelah shalat, dibaca 100 kali shalawat, “Allāhumma shalli ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā āli sayyidinā Muhammadin wa Ādama wa Nūhin wa Ibrāhīma wa Mūsā wa ‘Īsā wamā bainahum minannabiyyīna wal mursalīn. Shalawātullāhi wa salāmuhū ‘alaihim ajma’īn.”

• Di antara waktu zuhur dan asar dianjurkan melaksanakan shalat sebanyak 4 rakaat. Pada setiap rakaatnya dibaca 1 kali surat Al-Fatihah dan 50 kali surat Al-Ikhlas. Setelah selesai shalat, dibaca 70 kali istigfar, 70 kali shalawat, dan 70 kali “Lā haula walā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīm.” Setelah itu, kita berdoa untuk umat Nabi Muhammad SAW agar diberikan hidayah dan keselamatan. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

DAPUR KITA: Bubur Asyura


Bahan-bahan: 500 gram beras yang telah dicuci bersih, 200 ml santan cair, 100 ml santan kental, 1/2 sdt garam, dan 1 lembar daun salam.

Bahan pelengkap: Abon daging sapi, sambal goreng kering tempe, telur dadar diiris tipis-tipis, bawang goreng, cabai yang telah diiris halus dan digoreng, kacang kedelai goreng, daun kemangi, dan biji delima atau jeruk bali.

Cara memasak: Rebus santan cair, masukkan beras, garam, dan daun salam. Masak hingga beras tanak. Masukkan santan kental dan masak terus hingga menjadi bubur. Sajikan bubur selagi hangat bersama bahan pelengkap.


Tanggal 10 Muharam adalah hari Asyura. Banyak sekali peristiwa penting yang terjadi pada hari Asyura. Menurut Faqih Abu Laits As-Samarqandi RH, sebagian dari peristiwa yang terjadi pada hari Asyura adalah sebagai berikut.

1) Diciptakannya langit dan bumi,

2) Diterimanya taubat Nabi Adam AS,

3) Diselamatkannya Nabi Musa AS dari kejahatan Firaun dan celakanya Firaun,

4) Lahirnya Nabi Ibrahim AS dan diselamatkannya beliau dari kobaran api,

5) Sembuhnya Nabi Ayub AS dari penyakitnya,

6) Diselamatkannya Nabi Yunus AS dari perut ikan,

7) Diberikannya kerajaan kepada Nabi Sulaiman AS,

8) Berlabuhnya perahu Nabi Nuh AS di Bukit Judi,

9) Syahidnya Sayidina Husein RA,

10) Diriwayatkan dalam hadis Nabi SAW bahwa kiamat akan terjadi pada hari Asyura. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

MASUKKANLAH AKU KE DALAM KELOMPOK YANG SEDIKIT!


Suatu hari Sayidina Umar bin Khattab RA mendengar seseorang berdoa seperti ini, “Ya Allah, masukkanlah aku ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang sedikit!”

Lalu, Sayidina Umar RA mendekati orang itu dan bertanya, “Wahai hamba Allah, siapakah hamba-hamba yang sedikit itu?”

Orang itu menjawab sambil membaca beberapa ayat Al-Quran, “Aku mendengar firman Allah SWT yang artinya ‘...Ternyata orang-orang beriman yang bersama Nuh hanya sedikit’.’ (QS Hud: 40) Allah SWT juga berfirman, “...dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” Kemudian, orang itu juga membaca beberapa ayat lainnya.

Atas hal ini, Sayidina Umar RA berkata kepada dirinya sendiri, “Wahai Umar, semua orang lebih alim dari dirimu!”

Sumber artikel ; Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar