Agustus 01, 2022

Janganlah kalian Memasuki tempat yang di dalamnya terdapat wabah



Hikmahdanhikmah.com - Pada masa kekhalifahannya, Umar bin Khattab RA bersama tentaranya keluar dari Madinah Al-Munawwarah untuk membantu pasukan di Syam. Pada saat itu, ada wabah yang menyebar di Syam. Ketika Sayidina Umar RA tiba kota Sergh, Abu Ubaidah bin Jarrah RA dan teman-temannya menyambut dan memberitahunya bahwa ada wabah di Syam.

Sayidina Umar RA memanggil sahabat Muhajir dan Ansar yang sedang bersamanya dan bermusyawarah dengan mereka tentang masalah ini. Beberapa di antara mereka berkata, “Kita berangkat untuk tujuan penting. Tidak pantas untuk kembali.”

Sebagian lainnya berkata, “Sahabat-sahabat Rasulullah SAW dan sebagian masyarakat lainnya bersama Anda. Tidak pantas membawa mereka ke tempat yang di dalamnya terdapat wabah.”

Ketika melihat perbedaan pandangan ini, Sayidina Umar RA mengundang para pembesar sahabat yang telah berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah sebelum peristiwa Penaklukan Makkah. Maka, tanpa ada seorang pun yang berbeda pendapat dalam hal ini, mereka menyarankan untuk kembali dan tidak membawa orang-orang bersama mereka ke Syam.” Atas hal ini, keesokan harinya Sayidina Umar RA memutuskan untuk kembali. Pada saat mereka akan kembali, Abu Ubaidah RA berkata kepada Sayidina Umar RA, “Apakah kalian akan melarikan diri dari takdir Allah SWT?” Sayidina Umar RA pun menjawabnya sebagai berikut,


“Wahai Abu Ubaidah, semestinya aku tidak mendengar perkataan ini darimu. Iya, kita melarikan diri dari takdir Allah SWT dan juga berlindung dalam takdir-Nya. Bayangkan jika kamu memiliki banyak unta dan tiba di sebuah lembah. Salah satu dari dua lereng lembah ini padang rumput dan yang lainnya gersang tanpa rumput. Jika kamu menggembalakan untamu di lereng berumput, bukankah itu atas kehendak Allah? Begitu juga jika kamu merumput di lereng yang gersang, bukankah pekerjaanmu ini juga atas izin Allah?”

Seketika itu, Abdurrahman bin Auf RA yang hingga saat itu tidak ada di sana tiba-tiba datang dan berkata, “Saya mengetahui sesuatu tentang masalah ini. Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Ketika kalian mendengar bahwa ada wabah di suatu tempat, janganlah masuk ke tempat itu, dan jika ada wabah di tempat kalian, janganlah kalian pergi meninggalkan tempat itu.”

Atas hal ini, Sayidina Umar RA meninggalkan tempat itu sambil memanjatkan pujian kepada Allah SWT karena keputusannya yang tepat.

Sumber artikel;Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar