Agustus 29, 2022

Anak Yang Rewel Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur



Hikmahdanhikmah.com – Bagi seorang ibu tentunya pernah merasakan anaknya rewel. Tentu hal ini akan membuat sang ibu menjadi capek dan marah. Ternyata anak yang rewel bisa disebabkan karena kurang tidur.

Ini menunjukkan bahwa tidur bukan hanya sangat penting bagi kesehatan fisik saja, namun juga sangat berpengaruh pada emosional anak. Kalau anak merasa kurang waktu tidur, maka bisa memicu untuk rewel.

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan yang berasal dari Universitas Houston menyebutkan bahwa seorang anak yang sering mengalami kurang tidur bisa menyebabkan mudah depresi dan sering cemas.

Anak yang rewel bisa menjadi indikasi terganggunya emosional yang disebabkan karena kurang waktu tidur. Selain itu anak yang kurang tidur juga akan mengalami kurang aktif dan cenderung mengalami gangguan kecemasan.


Oleh karena itu, para pakar sangat menyarankan kepada orang tua untuk tidak hanya memperhatikan kebutuhan gizi saja. Kebutuhan akan istirahat tidur juga sangat penting bagi perkembangan fisik dan emosional anak.

Banyaknya anak yang rewel mungkin disebabkan karena masih banyak para orang tua yang kurang faham tentang waktu tidur anak. Bagi seorang bayi yang baru lahir sampai usia 12 bulan membutuhkan 14-15 jam waktu tidur dalam sehari. Kalau usia sudah mencapai 1-3 tahun maka kebutuhan waktu tidur akan berkurang menjadi 12-14 jam dalam sehari.

Kebutuhan jam tidur akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia anak. Jika anak sudah menginjak usia 3-6 tahun maka kebutuhan tidurnya sekitar 10-12 jam. Jika usia anak sudah mencapai 7-12 tahun maka hanya membutuhkan waktu tidur selama 10 jam. Nah jika sudah lebih dari 12 tahun, maka kebutuhan tidur akan sama dengan orang dewasa sekitar 8 jam sehari.

Jika jika anda mempunyai seorang anak yang suka rewel, maka bisa saja disebabkan karena hal yang dianggap sepele yaitu kurang waktu tidur. Coba orang tua menghitung waktu tidur masing-masing anaknya agar bisa memberikan waktu tidur yang cukup bagi anak.

Baca juga ; 3 tips untuk si kecil agar dapat tidur Cepat.

Artikel Terkait :
Anak Yang Rewel Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur, dampak anak yang kurang tidur, hubungan kurang tidur dengan anak yang rewel, mengapa anak yang kurang tidur menjadi rewel, penyebab anak yang rewel

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar