Agustus 23, 2022

Ternyata Sering Menunda Pekerjaan Mempunyai Efek Bagi Kesehatan



Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa kebiasaan sering menunda pekerjaan mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Hal ini pastinya sering kita lakukan karena tingginya beban pekerjaan.

Bagi seseorang yang sering menunda pekerjaan, maka secara pasti akan membuat waktu bekerja kita semakin panjang. Bahkan perilaku ini sering kali membuat pelakunya untuk melakukan begadang sepanjang malam. Jika hal ini terjadi, maka waktu istirahat kita menjadi berkurang yang akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para ahli di Israel yang melibatkan 600 orang mengatakan bahwa kebiasaan sering menunda pekerjaan akan membuat kita beresiko tinggi mengalami insomnia atau gangguan mengawali tidur. Bahkan dalam studi tersebut juga menyebutkan kalau resiko insomnia akan meningkat sampai tiga kali lipat.

Menurut para ahli, saat seseorang memutuskan untuk menunda pekerjaan yang seharusnya diselesaikan pada siang hari, maka secara tidak langsung akan membuat pikiran kita menjadi lebih terbebani. Terlebih jika pekerjaan yang kita selesaikan memasuki masa tenggat yang sudah dekat.

Pada saat itu pikiran kita akan terasa terbebani dengan pekerjaan yang tak kunjung selesai. Jika kita sering melakukan hal ini, maka akan mengganggu jam tidur kita. dari situlah awal munculnya gangguan pada kesehatan kita.

Baca Juga : Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Seorang Wanita

Setelah semalaman kita merampungkan pekerjaan akibat penundaan, maka pada saat pagi hari kita akan merasa ngantuk yang disebabkan karena kurang waktu tidur. Yang terjadi adalah konsentrasi menjadi menurun dan lebih mudah stres yang bisa membuat kita mudah terkena berbagai penyakit.
Ada banyak resiko kesehatan yang akan dialami oleh mereka yang sering menunda pekerjaan yang membuat jam tidur menjadi berkurang. Yang pertama adalah terjadinya resiko penyakit jantung, gangguan metabolisme tubuh yang memicu penyakit diabetes, kekebalan tubuh menjadi menurun, dan fungsi seksual juga akan mengalami penurunan.

Dengan banyaknya resiko kesehatan yang akan kita alami dengan menunda pekerjaan, maka sangat disarankan untuk tidak suka menunda pekerjaan yang seharusnya kita lakukan pada siang hari.
Yang harus kita perhatikan adalah menjaga jam tidur kita secara cukup. Setinggi apapun beban kerja, sebaiknya kita sangat memperhatikan jam tidur pada malam hari. Lakukan tidur yang cukup sekitar 7-8 jam agar tubuh kita kembali segar dan membuat kita kembali produktif pada pagi harinya.

Baca juga ; Pastikan setiap pekerjaan sesuai dengan ajaran Islam.

Artikel Terkait :
bahaya sering menunda pekerjaan bagi kesehatan, beberapa penyakit yang disebabkan karena kurang tidur, hubungan kurang tidur dengan menunda pekerjaan, jangan suka menunda pekerjaan agar tubuh kita tetap sehat, Ternyata Sering Menunda Pekerjaan Mempunyai Efek Bagi Kesehatan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar