> Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 21, 2022

Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu




Hikmahdanhikmah.com – Menurut seorang ahli yang bernama Heide Gazelle yang merupakan dosen senior di Development Psychology Universitas Melbourne mengatakan bahwa sifat pemalu sebenarnya masih normal bagi seorang anak. Namun jika terlalu pemalu, seorang orang tua harus mewaspadainya.

Seorang anak yang mempunyai sifat pemalu biasanya akan tampak saat anak baru masuk bangku sekolah. Dia akan merasa malu saat bertemu dengan orang lain yang belum dikenal. Seorang anak akan selalu menempel pada ibunya saat awal masuk sekolah.

Tahukah kita ternyata berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kebanyakan anak-anak yang mempunyai sifat pemalu adalah anak laki-laki. Padahal seharusnya anak laki-laki lebih berani dibandingkan dengan anak perempuan.

Baca juga ; bagaimana pola asuh pada anak yang pemalu agar tidak minder.

Semua itu masih dalam kategori wajar bagi seorang anak. Namun jika anak kita sudah masuk dalam kategori pemalu yang berlangsung terus-menerus, maka sebagai orang tua harus mewaspadai. Sifat pemalu yang berlangsung terus menerus bisa membuat kesehatan mental anak kurang baik.

Seorang anak yang terlalu malu juga beresiko mengalami kurang percaya diri, tidak mampu mengembangkan potensi diri dan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain.  Mereka juga akan kesulitan mendapatkan teman karena selalu merasa khawatir apakah disukai atau diterima oleh lingkungannya.

Seorang anak yang mempunyai sifat sangat pemalu akan membuat dia malas untuk bersekolah. Disamping itu dia juga merasa malas untuk menghadiri acara ulang tahun temannya.
Selain itu seorang anak yang mempunyai sifat pemalu biasanya akan suka bermain sendiri saat di sekolah yang notabene banyak teman sebaya yang juga bermain. Mereka akan merasa kesepian dan tidak mempunyai teman untuk bermain.

Baca juga ; tips mengatasi kesepian dengan beberapa kegiatan.

Untuk mengatasi yang demikian, maka seorang orang tua harus lebih sering mengatur jadwal main anak dengan temannya. Dengan semakin sering anak berkumpul dengan teman-temannya, maka akan menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu penting juga para orang tua untuk mengikutkan anaknya dengan kegiatan ekstrakulikuler yang diselenggarakan sekolah.

Artikel Terkait :
cara mengatasi anak yang sangat pemalu, mengapa anak saya sangat pemalu, mengenal sifat pemalu pada anak, Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar