September 04, 2022

Inilah Pentingnya Mempertahankan Pernikahan



Hikmahdanhikmah.com - Pernikahan merupakan berkah bagi kehidupan masyarakat, dan memiliki banyak manfaat. Pernikahan merupakan jalan untuk kelangsungan silsilah manusia (generasi manusia) dengan baik dan peningkatan keutamaan akhlak di antara manusia. Oleh sebab itu, nikmat ini perlu dipelihara dengan baik. Maka dari itu, sebagaimana adanya banyak dorongan pernikahan dari segi agama, ada juga banyak ancaman tentang talak (perceraian) yang akan menghancurkan ikatan ini. Maraknya kejadian talak di kalangan masyarakat bertentangan dengan kebahagiaan keluarga dan kemanfaatan bersama.

Bersamaan dengan semua ini, karena untuk beberapa alasan talak dianggap perlu, masalah ini telah ditangani dengan baik oleh hukum Islam, dan memutuskan ikatan pernikahan secara hukum pun telah diperbolehkan.

Menikah merupakan sebuah sunah Rasulullah SAW. Dengan pernikahan, umat muslim berkembang menjadi banyak. Selain itu, dengan pernikahan juga akhlak-akhlak terpuji menjadi terjaga.


Dalam pernikahan, anggota keluarga harus saling mencintai dan menjalin hubungan yang harmonis. Sementara itu, talak tidaklah diperbolehkan selama tidak bersandar pada alasan yang benar.

Ada banyak hadis yang menunjukkan bahwa perceraian adalah tindakan yang buruk dan tidak disukai. Berikut ini adalah beberapa di antaranya,

“Halal yang paling tidak disukai Allah SWT adalah talak.” Sebab, ada berbagai hal yang halal bisa menjadi makruh atau haram pada keadaan-keadaan tertentu, seperti makan minum di dalam masjid dan melakukan jual beli pada waktu shalat Jumat.

“Aroma surga haram bagi seorang wanita yang ingin bercerai dengan suaminya tanpa alasan apapun.”

“Orang yang membuat seorang perempuan berbuat buruk terhadap suaminya, dan mendorongnya untuk memberontak terhadap suaminya bukanlah dari kelompok kami.”

“Menikahlah, tetapi jangan sampai bercerai karena perceraian dapat membuat arasy Allah bergetar.”


“Iblis membangun singgasananya di atas air. Kemudian, iblis mengirim banyak anak buahnya. Di antara mereka, yang paling dekat derajatnya dengan dirinya (paling besar pengaruhnya) adalah yang paling besar fitnahnya. Suatu ketika, anak buah iblis datang dan berkata, “Aku telah melakukan ini dan itu.” Iblis membalasnya dengan berkata, “Kau sama sekali tidak melakukan apa pun.” Lalu, anak buah lainnya datang dan menjelaskan apa yang telah dilakukannya dengan berkata, “Aku tidak meninggalkan seseorang hingga aku berhasil memisahkannya dengan istrinya.” Atas hal ini, iblis mendekati dirinya dan memujinya dengan berkata, ‘Kerja bagus’.”

Sumber Artikel: Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar