September 23, 2022

Inilah Tata cara dan adab memotong kuku



Hikmahdanhikmah.com - Dalam buku-buku fikih, telah disebutkan bahwa mustahab hukumnya memendekkan kuku dan kumis, mencukur bulu kemaluan, dan membersihkan tubuh seminggu sekali, terutama pada hari Jumat, dan barang siapa menundanya lebih dari empat puluh hari, ia akan berdosa karena telah meninggalkan sunah.

Kuku yang panjang perlu dipotong agar tetap bersih. Memotong kuku pada hari Jumat hukumnya mustahab. Namun, jika terlalu panjang, makruh hukumnya menunggu hingga hari Jumat. Sebab, dikatakan bahwasanya orang yang kukunya panjang akan memiliki rezeki yang sempit. Jika kukunya tidak terlalu panjang, saat itu seseorang boleh menunggu sampai hari Jumat untuk memotongnya agar memperoleh keberkahan.

Sebab, Sayidah Aisyah Radhiyallāhu ‘anhā telah meriwayatkan sabda Rasulullah SAW berikut, “Barang siapa memendekkan kukunya pada hari Jumat, Allah SWT akan melindunginya dari bencana dan musibah hingga Jumat berikutnya dengan tambahan tiga hari (hingga sepuluh hari).”

Baca juga : Kelebihan hari jumat dibandingkan hari lainnya.

Selain itu, dalam hadis syarif lainnya dikatakan, “Barang siapa memendekkan kukunya pada hari Jumat, Allah SWT akan menghilangkan berbagai penyakit dari orang itu dan memberikannya kesembuhan.”

Kuku-kuku tangan semestinya dipotong lebih dahulu dari kuku-kuku kaki. Memendekkan kuku-kuku lebih pendek tanpa membahayakan jari-jari hukumnya adalah mustahab. Sebab, makin panjang kuku, kotoran di bawahnya akan makin banyak dan bisa mencegah sampainya air wudhu ke bagian bawah kuku.

Memotong kuku dengan gigi hukumnya adalah makruh karena hal itu dapat menyebabkan penyakit kusta dan gila. Makruh hukumnya memendekkan kuku dan mencabut atau memotong rambut ketika junub. Sebab, telah diriwayatkan bahwa setiap helai rambut yang dicabut ketika seseorang junub akan datang ke padang mahsyar pada hari kiamat dan akan mengeluh sebagai berikut, “Ya Rabb, tanyakan kepadanya, mengapa dia memotong dan menyia-nyiakan kami sebelum dibersihkan?”

Baca juga ; Jumat berkah di yayasan Sosial Pati jawa tengah.

KATA-KATA BIJAK:

• Satu tangan bisa membasuh tangan, dan dua tangan bisa membasuh muka.

• Orang yang membasahi dirinya di laut tidak akan takut pada hujan.

• Setiap benda patah karena terlalu tipis, dan manusia akan patah hati karena perlakuan kasar.

• Dua sisi garis lengkung tidak akan bisa bertemu.

• Jika Anda ingin nasihat, berikanlah pekerjaan kepada seorang pemalas.

Sumber artikel : Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar