September 11, 2022

Kalender bulan untuk memulai kegiatan Pertanian



Hikmahdanhikmah.com - Sejak zaman kuno, orang-orang telah memperhatikan pekerjaan dan kegiatan pertanian mereka sesuai dengan fase Bulan. Saat Bulan bergerak mengelilingi Bumi dari barat ke timur, ketika berada di antara bumi dan matahari, ketiganya akan berada sejajar. Keadaan ini disebut ijtimak, dan bulan tidak akan terlihat dari belahan bumi mana pun.

Bulan memantulkan sinar matahari ke bumi dengan dua bentuk yang berbeda setiap 14 hari sekali. Salah satunya adalah fase membesar yang dimulai dengan bulan sabit dan berakhir dengan bulan purnama, dan yang lainnya adalah fase mengecil yang dimulai dengan bulan purnama dan diakhiri dengan bulan sabit. Kalender Hijriah-Qamariah juga diatur menurut keadaan bulan ini.

Menurut kalender Hijriah-Qamariah, bulan muda disebut untuk bulan pada hari-hari dari tanggal satu sampai empat belas, dan bulan tua disebut untuk hari-hari setelah tanggal empat belas.

Baca juga ; Mengenal Lebaran Anak yatim atau yang-disebut dengan-yatama.

Karena gaya tarik (gravitasi) Bulan meningkat pada hari-hari bulan muda, terlihat air lebih banyak mengalir keluar di mana pun ada air, dan air akan surut pada hari-hari bulan tua.

Dalam penanaman di ladang, seseorang harus memperhatikan bulan tua dan bulan muda ketika akan menyatukan tanah dengan benih. Sebab, hasil pohon dan benih yang ditanam di bulan muda akan lebih sedikit.

Jika benih dan bibit ditanam di ladang setelah tanggal lima belas bulan Qamariah, tanaman akan tumbuh subur sehingga tanaman akan sehat dan tahan penyakit. Jika pohon ditebang pada bulan muda, pohon itu akan membusuk, membungkuk, dan dimakan ulat karena tidak dapat menyerap air. Sementara itu, jika ditebang pada bulan tua, pohon itu akan kuat karena akan menyerap air.

Dalam penjelasan surat Yasin ayat 40, Ismail Hakki Bursawi RH menjelaskan sebuah pengaruh lain dari bulan sebagai berikut, “Matahari mematangkan buah, bulan memberi warna, dan bintang mempermanisnya.”

Baca juga : Bulan Muharam adalah bulan pertama pada kalender Hijriah.

Anda dapat melakukan kegiatan pertanian Anda dengan mengikuti bentuk bulan dan penanggalan Hijriah di kalender kami.

Nama-nama: Laki-laki: Arif, Perempuan: Khadijah.

Sumber artikel Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar