September 01, 2022

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Quran



Hikmahdanhikmah.com - Setiap muslim harus belajar membaca Al-Quran sejak usia dini dan harus menghafalnya setidaknya menghafal surat Al-Fatihah yang merupakan rukun shalat. Sebab, sangat dianjurkan bagi setiap mukalaf untuk menghafal ayat-ayat Al-Quran sebanyak yang harus ia baca dalam shalatnya. Menghafal surat-surat selain surat Al-Fatihah hukumnya adalah sunah muakad. Sementara itu, menghafal seluruh ayat dan surat dalam Al-Quran hukumnya fardu kifayah.

Ukuran bacaan yang diwajibkan dalam shalat menurut mazhab Syafi’i adalah minimal dapat membaca surat Al-Fatihah dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan makharijul hurufnya.

Baca juga : Keutamaan Membaca Al Qur anul-Karim.

Seperti halnya membaca Al-Quranul Karim, mengajarkan Al-Quran kepada orang lain adalah sebuah ibadah yang besar. Sebab, Rasulullah SAW bersabda di dalam sebuah hadisnya,

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Quran.”

Di dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW juga bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT ingin mengazab penduduk bumi. Ketika mendengar beberapa anak kecil mempelajari hikmah, Allah SWT memalingkan azab tersebut dari mereka.” (Sunan Darimi). Para ulama menjelaskan bahwa yang dimaksud dari kata “hikmah” dalam hadis tersebut adalah mempelajari dan mengajarkan Al-Quran.

Baca juga ; Mari Setiap hari Rutin membaca Al-Quran meski satu Ayat.

DAPUR KITA: SUP WORTEL


Bahan utama: 300 gram wortel, 1/2 bawang bombay, 1 sendok makan tepung terigu, 300 ml susu cair, 2 sendok makan margarin atau secukupnya, dan 1.000 ml kaldu jamur.

Bumbu sup wortel: 2 tangkai seledri, garam secukupnya, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan gula pasir secukupnya.

Cara menyiapkan bahan dan bumbu: Pertama, kupas wortel yang sudah disiapkan. Jika wortel sudah semuanya dikupas, Anda bisa langsung mencucinya dengan menggunakan air bersih. Lalu, parut halus wortel yang sudah dicuci tersebut. Ambil bawang bombay lalu iris-iris panjang. Cincang kasar seledri.

Cara membuat: Siapkan wajan atau alat lainnya yang akan digunakan untuk memasak. Nyalakan api kompor dan panaskan margarin secukupnya. Jika margarin sudah meleleh, masukan bawang bombay. Tumis bawang bombay sampai layu dan harum. Masukan tepung terigu. Aduk-aduk sampai menggumpal. Masukan kaldu bersama susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Aduk-aduk sampai kuah licin.

Masukan wortel yang sudah diparut. Aduk-aduk sampai kuah mendidih. Tambahkan bumbu-bumbu seperti yang sudah disiapkan seperti merica bubuk, gula pasir, dan garam. Aduk sampai merata. Masukan irisan seledri. Aduk sampai merata. Jika sup sudah matang, angkat dan hidangkan pada wadah atau mangkuk saji.

Sumber artikel: Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar