September 19, 2022

Banyak Berbuat Kebaikan Bisa Meredakan Kecemasan


sumber gambar : Merdeka.com

Hikmahdanhikmah.com – Bagi anda yang saat ini sering kali gelisah dan cemas, maka banyak berbuat baik kepada sesama bisa menjadi solusi yang efektif dan mudah. Orang yang banyak berbuat baik kepada sesama akan menyebabkan hatinya menjadi lebih damai.

Kecemasan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Bahkan bisa jadi kecemasan bisa datang setiap hari yang disebabkan karena banyak faktor, mulai dari pekerjaan, media sosial, masalah keluarga, bencana dll.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan kalau orang yang suka berbuat baik kepada orang lain akan berdampak pada kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena banyak berbuat baik kepada orang lain bisa mengurangi resiko stres dan kecemasan.

Baca Juga : Tanda-tanda Orang Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

Membantu atau berbuat baik kepada orang lain dengan penuh ikhlas memang terbilang mudah. Namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan jika mau berbuat baik dengan orang lain.
Ada cara sederhana yang bisa tergolong berbuat baik kepada orang lain yaitu dengan senyum saat bertemu dengan orang lain, membantu menyeberangkan jalan orang yang sudah tua, serta bersedekah kepada orang miskin dan anak yatim.

Dalam hasil studi terbukti bahwa orang yang suka berbuat baik maka akan menyebabkan mood menjadi ikut baik pula, stres menjadi menurun, lebih tenang, pikiran negatif hilang dan berganti dengan pikiran yang positif. Hal ini disebabkan karena saat kita berbuat baik, maka otak akan merespon dengan cara mengeluarkan hormon oksitosin dan dopamin yang memicu rasa bahagia.

Apabila mood kita lebih bahagia, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi meningkat. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental. Kita tidak akan mudah terserang penyakit.

Bukan hanya itu saja, orang yang suka berbuat baik kepada orang lain diketahui memiliki tekanan darah dan pembuluh darah yang lebih lancar. Oleh karena itu mereka yang suka berbuat baik akan membuat tekanan darah menjadi stabil sehingga sangat bagus bagi kesehatan jantung.


Artikel Terkait : Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Bisa Redakan Depresi

Banyak Berbuat Kebaikan Bisa Meredakan Kecemasan, cara meredakan kecemasan secara alami, cara mudah mengurangi rasa cemas, dampak positif suka menolong orang lain bagi kesehatan mental, manfaat berbuat baik kepada orang lain bagi kesehatan, manfaat suka menolong orang lain bagi kesehatan, tips menyehatkan kesehatan mental, tips mudah mengatasi kecemasan, tips mudah meredakan kecemasan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar