> Inilah Hikmah-hikmah pada Angin Agar kita banyak bersyukur - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 28, 2022

Inilah Hikmah-hikmah pada Angin Agar kita banyak bersyukur

Sumber gambar; https://www.geografi.org


Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 46 sebagai berikut, “Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan agar kamu merasakan sebagian dari rahmat-Nya, kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya, dan (juga) kamu dapat mencari karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur.”

Allah SWT mengirimkan angin saba, angin utara, dan angin barat yang memberikan kabar gembira tentang kelimpahan, kesuburan dan kenyamanan. Berkat angin-angin tersebut, udara menjadi bersih dan awan hujan pun terbentuk. Kapal-kapal berlayar di laut dengan sendirinya, dan orang-orang berdagang dengan menggunakan kapal-kapal itu untuk mencari rezeki yang Allah SWT telah bagikan. Demikianlah, Allah SWT membuat hamba-hamba-Nya merasakan sebagian rahmat-Nya.

Angin memiliki banyak manfaat seperti menyatukan awan dengan kehendak Allah, memelihara air rahmat dalam awan-awan di udara, memindahkan awan ke tempat-tempat yang membutuhkan air, membantu tanaman dan buah-buahan tumbuh serta berkembang dengan sempurna, dan memperkuat tubuh manusia.


Jika angin tidak bertiup, udara tidak akan berubah dan segala sesuatu yang ada di bumi akan mulai menjadi bau. Dengan muncul dan menyebarnya bau tak sedap, penyakit pun muncul dan berkembang. Maka, dengan menyebarnya penyakit, manusia tentu tidak akan dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu, angin termasuk hal yang mendatangkan kesehatan dan kebaikan bagi umat manusia.

Angin yang selalu berhembus dari satu arah dapat membahayakan binatang dan tumbuhan. Sementara itu, berhembusnya angin dari berbagai arah akan memberikan manfaat bagi mereka. Sebab, dengan cara ini, tumbuhan dan binatang mendapatkan manfaat yang akan datang dari berbagai arah.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hijr ayat 22, “Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan).”

Ayat karimah ini merupakan mukjizat ilmiah. Jika tidak ada jenis pohon jantan di suatu tempat, tidak akan ada makanan di sana. Dalam hal ini, angin mengambil benih pohon jantan dan membawanya ke pohon betina. Kebenaran ini, yang dipelajari 13 abad yang lalu, merupakan salah satu mukjizat terbesar yang dikabarkan dalam Al-Quranul Karim, baik pada saat ini maupun pada masa Rasulullah SAW.


Sumber artikel ; Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar