> Mengenal Sultan Bayezid Khan I - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 11, 2022

Mengenal Sultan Bayezid Khan I


Hikmahdanhikmah.com - Sultan Bayezid Khan I lahir pada tahun 1360 M. Beliau adalah Sultan keempat Daulah Utsmaniyah sekaligus putra dari Sultan Murad Khan I. Beliau naik takhta pada usia 30 tahun, tepatnya pada 1389, setelah ayahnya mati syahid setelah meraih kemenangan Pertempuran Kosovo.

Sultan Bayezid I adalah seorang sultan yang sangat pemberani, agung, dan gagah. Beliau mendapat julukan ‘Petir’ karena beliau dapat menyerang musuh secara tiba-tiba seperti petir dan memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan pencegahan dengan cepat.

Keadilan Sultan Bayezid I sangat terkenal. Beliau secara pribadi mendengarkan keluhan dan keinginan orang-orang, dan segera mengembalikan hak-hak mereka yang dirugikan. Beliau tidak mengganggu keputusan para kadi dan juga tidak mengizinkan orang lain mencampuri urusan kadi. Selama masa pemerintahannya, Sultan Bayezid Khan telah mewujudkan keamanan yang sangat baik hingga orang-orang dapat tidur dengan tenang tanpa mengunci pintu mereka.

Sultan Yıldrım Bayezid Khan biasa mengikuti ceramah para ulama dan bertanya kepada mereka tentang masalah negara. Beliau akan menerima kata-kata mereka tentang perintah dan larangan Allah SWT dengan sepenuh hati. Beliau sangat menghormati para wali Allah.

Baca juga ; Mengenal imam Ahmad bin hanbal Rh

Beliau mendatangkan ulama dari negara lain untuk mengajarkan ilmu kepada anak-anak dan masyarakatnya. Beliau selalu mendukung dan melindungi para ulama. Beliau juga membangun banyak masjid, madrasah, dan dapur umum. Masjid Ulu Camii di Bursa dibangun atas perintah beliau.

Sultan Yıldrım Bayezid Khan melakukan banyak penaklukan dan pelayanan pada agama. Beliau telah menyelesaikan penaklukan Bulgaria dan memasukkan banyak kesultanan Anatolia, serta banyak negeri Rumeli dan Anatolia ke wilayah kekuasaan Daulah Utsmaniyah. Pada tahun 1396, beliau meraih kemenangan besar melawan tentara Salib di Niğbolu. Beliau mengepung Istanbul sebanyak empat kali. Fondasi angkatan laut Daulah Utsmaniyah diletakkan pertama kali pada masa Sultan Yıldrım Bayezid Khan.

Pada tanggal 28 Juli 1402, Sultan Yıldrım Bayezid bertempur dengan seluruh kekuatannya dalam Perang Ankara melawan Emir Timur, yang merupakan penguasa besar seperti dirinya, tetapi beliau tertawan atas takdir Allah. Emir Timur menyambut Sultan Yildirim Bayezid Khan dengan cara yang pantas untuk menjamu seorang sultan, dan memberikannya jamuan. Sultan Bayezid meninggal di Markas Besar Emir Timur pada 8 Maret 1403, pada usia 44 tahun, karena kesedihan akibat penawanan dirinya. Putranya yang bernama Musa Çelebi membawa jenazah beliau ke Bursa dan memakamkannya di sana.

Baca juga ; inilah wasiat yavuz sultan salim khan.

Sumber artikel : Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar