> Nama-nama mulia Rasulullah SAW banyak hikmah terkandung di dalamnya - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 31, 2022

Nama-nama mulia Rasulullah SAW banyak hikmah terkandung di dalamnya

Sumber gambar; news.detik.com/

Hikmahdanhikmah.com - Nama-nama mulia Rasulullah SAW sangatlah banyak. Sebagian dari nama-nama ini dikhususkan untuk beliau karena hikmah yang terkandung di dalamnya. Dengan kata lain, nama-nama ini belum pernah diberikan kepada orang lain sebelum beliau. Berikut ini adalah sebagian nama mulia Rasulullah SAW.

Muhammad berarti orang yang banyak dipuji. Beliau adalah orang yang banyak dipuji oleh manusia dan malaikat di dunia dan akhirat.

Ahmad berarti orang yang paling banyak dan paling bagus memuji. Beliau adalah orang yang telah memuji Allah SWT dengan pujian yang belum pernah seorang pun memanjatkannya.

Mukaffi artinya orang yang datang setelah semua nabi, mengikuti jejak mereka, dan menyempurnakan agama mereka.

Nabiyyut Taubah (Nabi Taubat): Rasulullah SAW sering meminta pengampunan dan bertaubat kepada Allah SWT. Nama ini diberikan karena ketika seseorang dari umat Nabi Muhammad bertaubat dari dosanya, dia tidak dihinakan di dunia dan di akhirat, serta akan diampuni seolah-olah dia tidak pernah berbuat dosa. Sementara itu, pada umat lain, bahkan jika seseorang telah bertaubat dari dosanya, dia tetap akan mendapatkan hukuman di dunia.

Baca juga ; keutamaan mencari kehidupan akhirat.

Nabiyyur Rahmah (Nabi Rahmat): Keberadaan beliau adalah penyebab rahmat. Allah SWT berfirman dalam sebuah hadis qudsi, “Jika bukan karenamu, ya Muhammad, Aku tidak akan menciptakan alam semesta.” Seorang waliyullah berkata, “Ketika Rasulullah SAW masih hidup, beliau adalah jaminan keselamatan terbesar bagi umatnya. Selama sunah terpuji beliau terus diamalkan, itu akan menjadi jaminan keselamatan terbesar.”

Māhī: Beliau adalah nabi yang menghancurkan kekufuran atau yang membuat dosa orang-orang yang mengikutinya terampuni.

Hāsyir: Beliau adalah orang pertama yang akan dibangkitkan setelah hari kiamat. Adapun seluruh manusia lainnya akan dibangkitkan setelah beliau.

Āqib: Beliau adalah nabi terakhir, dan tidak akan ada nabi lain setelah beliau.

Fātih: Allah menyebarkan agama Islam melalui beliau.

Kāff: Rasulullah SAW adalah orang yang melarang umat manusia melakukan dosa dan kejahatan.

Sumber artikel ; tobatnya penjahat.

Sumber artikel ; Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar