> Benarkah Jika Harga Rokok Mahal Bisa Menurunkan Kemiskinan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 07, 2022

Benarkah Jika Harga Rokok Mahal Bisa Menurunkan Kemiskinan



Hikmahdanhikmah.com - Ternyata wacana naiknya harga rokok di Indonesia yang di gemborkan menjadi 50.000 mendapat banyak respon dari berbagai elemen. Salah satunya adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia(YLKI) yang mengatakan bahwa jika harga rokok benar naik 50.000 bisa menurunkan angka kemiskinan. Benarkah demikian ?

Pernyataan YLKI tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan data statistik menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna rokok di Indonesia adalah kalangan rumah tangga yang tergolong miskin. Ini artinya sangat logis jika harga rokok jadi dinaikkan menjadi 50.000 bisa mengurangi kemiskinan.
Menurut data yang lain dari BPS mencatat bahwa bahan makanan yang membuat para rumah tangga miskin menjadi terpuruk adalah disebabkan karena beras dan rokok. Ini menunjukkan kalau rokok menjadi bahan konsumsi yang membebani rumah tangga miskin. Jika harganya naik, maka mereka tidak akan menjangkau rokok lagi.

Baca juga : efek buruk merokok bagi wanita jauh-lebih berbahaya.

Dengan para rumah tangga miskin tidak mampu membeli rokok, maka secara otomatis akan membuat derajat kesehatan dan ekonomi mereka sedikit naik. Uang yang seharusnya setiap bulannya digunakan untuk membeli rokok, kini bisa digunakan untuk hal-hal yang lain yang lebih bermanfaat. Dari segi kesehatan juga mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan impotensi.
Bukan hanya keluarga miskin saja yang diuntungkan dengan naiknya harga rokok, negara juga akan mendapatkan keuntungan yang hampir 100 persen dengan meningkatnya pendapatan yang berasal dari cukai.

Kalau kita berfikir lebih jernih, maka sebenarnya menaikkan harga rokok bermanfaat bagi mereka rumah tangga miskin. Selain itu juga bisa menggenjot pendapatan negara yang berasal dari cukai. Tidak menutup mata bahwa salah satu penyebab tingginya angka pengguna rokok di Indonesia adalah karena harganya yang murah dibandingkan dengan negara-negara lain.

Untuk mengendalikan laju pengguna rokok yang terus meningkat, maka mau gak mau pemerintah harus melakukan sebuah pembatasan dan pengendalian. Tahukah kita bahwa negara-negara maju yang ada di Eropa sana harga rokok bisa lebih dari 100.000. Meskipun harganya mahal, bukan berarti pabrik rokok akan gulung tikar.
Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Dampak Negatif Merokok didepan Anak

apa manfaat bagi rakyat jika harga rokok naik menjadi 50.000, beberapa manfaat jika harga rokok jadi naik, Benarkah Jika Harga Rokok Mahal Bisa Menurunkan Kemiskinan, manfaat jika harga rokok naik 50.000, rokok mahal akan berdampak positif bagi masyarakat miskin

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar