> Gambaran Tentang bentuk rupa Rosululoh - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 28, 2022

Gambaran Tentang bentuk rupa Rosululoh

Sumber gambar: https://m.dream.co.id/


Hikmahdanhikmah.com - Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallāhu ‘anhu sebagai berikut,

“Tubuh Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bagus bentuknya. Beliau memiliki tinggi yang sedang, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu pendek. Rambut beliau tidak begitu keriting dan tidak juga lurus, tetapi di antara keduanya. Warna kulit mulia beliau putih kemerahan (seperti kemerahan yang muncul di wajah orang berkulit putih ketika dia malu). Ketika berjalan, beliau sedikit membungkuk (tidak berjalan dengan tegak).”

Ketika menjelaskan sifat-sifat Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam, Sayidina Ali Karramallāhu wajhah berkata sebagai berikut,

“Wajah mulia beliau sedikit bulat. Warna kulit beliau putih kemerahan. Warna matanya hitam, bulu matanya panjang, struktur tulangnya tebal, dan kedua bahunya lebar. Tidak banyak rambut di tubuh mulia beliau (kecuali lengan, kaki, dan dada beliau). Bulu dada beliau lebat. Jari tangan dan kaki beliau cukup besar. Ketika beliau akan berjalan di suatu tempat, beliau akan bangkit dari tempatnya dengan penuh wibawa, lalu berjalan dengan sedikit membungkuk seolah-olah sedang menuruni bukit. Ketika hendak menoleh (melihat) ke suatu tempat, beliau akan menoleh dengan seluruh tubuhnya. Terdapat cap kenabian di antara kedua tulang belikat beliau.

Baca juga ; Rosululoh Saw hidup di dalam Makam.

Rasulullah SAW adalah penutup para nabi. Beliau adalah orang yang paling berlapang dada (yaitu, beliau sangat sabar terhadap penganiayaan dari umatnya dan sangat murah hati dalam mengajari mereka makrifah Ilahi yang ada di dalam hatinya). Cara berbicara beliau adalah yang paling baik dan benar, perangai dan sifatnya adalah yang paling lembut, dan beliau adalah orang yang paling dermawan kepada teman-temannya. Orang-orang yang pertama kali melihatnya akan terpesona oleh kewibawaannya dan takut kepadanya, tetapi orang yang telah mengenalnya dan selalu bersamanya akan sangat mencintainya. Orang-orang yang memujinya selalu berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang seperti beliau sebelum dan sesudah beliau.”

Ketika melihat Rasulullah SAW pada malam bulan purnama, Jabir bin Samura Radhiyallāhu ‘anhu berkata, “Saya melihat Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam dan juga Bulan. Demi Allah, menurut saya, wajah Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam yang mulia lebih cerah daripada Bulan.”

Baca Juga; khutbah wada rosululoh saw.

BENTUK RUPA RASULULLAH SAW


• Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallāhu ‘anhumā sebagai berikut, “Karena empat gigi depan Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam yang terdiri dari dua gigi atas dan dua gigi bawah sedikit bercelah dan sangat putih, gigi-gigi mulia beliau terlihat bersinar seperti mutiara ketika beliau berbicara.”

• Jabir Radhiyallāhu ‘anhu berkata sebagai berikut, “Aku melihat cap kenabian di antara dua tulang belikat mulia Rasulullah SAW. Cap kenabian itu seukuran telur merpati dan berwarna agak kemerahan.”

• Diriwayatkan dari Jabir Radhiyallāhu ‘anhu sebagai berikut, “Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam melarang makan dengan tangan kiri.”

• Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallāhu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam berkata, “Ketika salah seorang di antara kalian hendak memakai sepatu, hendaklah dia memulainya dari kaki kanannya, dan ketika dia akan melepas sepatunya, hendaklah dia memulai dari kaki kirinya.”

• Diriwayatkan dari Sayidah Aisyah Radhiyallāhu ‘anhā sebagai berikut, “Rasulullah SAW suka memulai setiap pekerjaannya dari sisi kanan selama beliau mampu, seperti memakai sepatu, menyisir rambut, dan mengambil wudhu.”

• Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallāhu ‘anhu sebagai berikut, “Cincin Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam terbuat dari perak. Batu cincin beliau adalah batu Habasyi (batu akik).”

Sumber artikel;Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar