> Waspada Fobia Sosial Jika Mengalami Takut Bergaul - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 02, 2022

Waspada Fobia Sosial Jika Mengalami Takut Bergaul



Hikmahdanhikmah.com- Kita pasti pernah merasakan takut atau gugup saat hendak bertemu dengan orang banyak dan berbicara depan orang banyak. Hal ini menjadi sesuatu yang wajar. Namun jika kita mengalami rasa takut atau gugup yang berlebihan tanpa sebab yang jelas saat bersosialisasi dengan orang lain, maka kita harus waspada fobia sosial.

Jika anda saat ini merasakan hal yang demikian, maka biasanya anda tergolong orang yang sulit bergaul dengan orang lain sehingga merasa kesulitan saat bersosialisasi dengan orang lain.
Menurut salah para pakar seseorang yang mengalami fobia sosial atau perasaan yang sangat takut saat bersosialisasi dengan orang lain disebabkan karena munculnya perasaan takut mendapatkan penilaian negatif dari orang lain. Penilaian tersebut bisa berupa takut kita tidak menarik orang lain, takut kita dianggap menjadi orang yang bodoh atau pribadi yang tidak kompeten.

Kondisi tersebut biasanya akan semakin buruk jika kita tidak tidak membiasakan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Model orang yang seperti ini akan sangat mudah panik saat menghadapi banyak orang lain.

Bahkan perasaan fobia sosial ini sering kali membuat penderitanya merasa gelisah yang berlangsung selama berhari-hari atau bahkan minggu. Hal itu akan berlanjut sampai acara sosialisasi dengan banyak orang lain berlangsung.

Baca juga ; kenali tanda-tanda orang yang mengalami Gangguan Kecemasan.

Seseorang yang mengalami fobia sosial kerap kali akan menghindari bergaul dengan orang lain, makan bersama orang lain atau bahkan tidak mau menggunakan toilet umum. Saat seseorang yang mengalami fobia sosial dipaksakan untuk melakukan interaksi dengan orang banyak, maka biasanya akan memunculkan gangguan pada tubuh misalnya kepala pusing, gemetaran, mual, diare dan berkeringat dingin.

Bagi anda yang saat ini merasa sudah mengalami fobia sosial, maka sangat disarankan untuk melatih banyak melakukan interaksi sosial dengan orang lain agar tidak jatuh pada fobia sosial yang berlebihan yang sangat mengganggu.

Ada banyak cara yang mudah anda lakukan untuk melatih bersosialisasi dengan orang lain. Cobalah untuk berlatih berbicara atau bergaul dengan teman-teman anda secara perlahan-lahan. Semakin kita sering melakukan interaksi dengan orang lain, maka kemampuan kita bersosialisai juga akan sangat bagus.

Tidak disarankan untuk belajar sosialisasi dengan orang lain melalui media sosial. Mengapa demikian ? sosialisai dengan orang lain melalui media sosial tidak berdampak positif untuk mengatasi gangguan fobia sosial. Lakukan interaksi secara nyata dengan orang lain dengan orang terdekat terlebih dahulu seperti anggota keluarga yang kemudian bertahap dengan orang lain yang belum kita kenal.


Artikel Terkait : Bahaya Jika Sering Merasa Kesepian

apa saja tanda kalau menderita fobia sosial, cara mengatasi fobia sosial, cara mengatasi sulit bergaul, mengenali gejala fobia sosial, Waspada Fobia Sosial Jika Mengalami Takut Bergaul

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar