> Inilah Seorang sahabat Ansar yang mati syahid dalam Perang Badar - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 25, 2022

Inilah Seorang sahabat Ansar yang mati syahid dalam Perang Badar

Sumber gambar : www.malangtimes.com


Hikmahdanhikmah.com - Sa’ad bin Khaitsamah RA adalah seorang sahabat Ansar yang berasal dari kabilah Bani Ghanam. Beliau mati syahid dalam Perang Badar, dan ayahnya mati syahid dalam Perang Uhud.

Sa’ad RA adalah salah satu dari 12 wakil yang dipilih oleh kaum Ansar dalam Baiatul ‘Aqabah Kedua, dan merupakan perwakilan dari Bani Amir bin Auf.

Pada saat berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah, Rasulullah SAW bertemu dengan masyarakat di rumah Sa’ad RA ketika berada di Quba.

Setelah hijrah, dalam perjalinan persaudaraan antara sahabat Muhajir dan Ansar, Rasulullah SAW mempersaudarakan Sa’ad RA dengan Abu Salamah bin Abdul Asad RA.

Ada orang-orang di antara ashabul kiram yang ingin bergabung dalam Perang Badar untuk mencapai kemuliaan mati syahid, dan ada juga orang-orang yang melakukan undian dengan ayah mereka di jalan ini. 

Ketika Rasulullah SAW mengundang umat Islam untuk ikut serta dalam Perang Badar untuk memerangi kaum musyrik di jalan Allah, Sa’ad bin Khaitsamah RA dari kalangan Ansar bertindak cepat bersama ayahnya. Sa’ad RA berkata kepada ayahnya, “Sekiranya balasan dari peperangan ini bukanlah surga, tentu aku akan mengalah darimu. Aku berharap aku akan bernasib mati syahid.”

Baca juga ; Kisah Ashabul Badar Ziyad bin sakan Radhiyallahu anhu

Ayah Sa’ad RA berkata, “Mengalahlah dariku, dan tinggallah di sisi istrimu yang sedang hamil.” Namun, Sa’ad RA tidak menerima tawaran itu. Tatkala ayahnya berkata, “Sungguh, salah seorang di antara kita harus ada yang tinggal di sini,” mereka pun melakukan undian di antara mereka, lalu undian jatuh kepada Sa’ad. Sa’ad RA pun meraih keinginannya dalam Perang Badar sebagai seorang syuhada. Ayahnya, Khaitsamah RA, pun meraih keinginannya sebagai syuhada dalam Perang Uhud.

Dalam sebuah syairnya yang terkenal, Hassan bin Tsabit RA menyebut 7 orang yang bernama Sa’ad dari Ansar yang telah berkhidmah pada agama Islam, dan Sa’ad bin Khaitsamah adalah salah seorang di antara mereka. Tiga orang di antara mereka berasal dari kabilah Khazraj, dan empat orang lainnya dari kabilah Aus. Tiga orang dari Khazraj adalah Sa’ad bin Ubadah, Sa’ad bin Rabi’, dan Abu Ubadah Sa’ad bin Utsman. Empat orang dari kabilah Aus adalah Sa’ad bin Muadz, Sa’ad bin Ubaid, Sa’ad bin Yazid, dan Sa’ad bin Khaitsamah.

Baca juga ; Diberikannya Perintah Jihad kepada Rasulullah dan Perang badar.

 Radhiyallāhu ‘anhum ajma’īn.

Sumber artikel : Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar