> Lakukanlah shalat dengan memperhatikan seluruh syarat dan rukunnya - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 07, 2022

Lakukanlah shalat dengan memperhatikan seluruh syarat dan rukunnya



Hikmahdanhikmah.com - Shalat lima waktu dalam sehari diwajibkan pada malam Isra’ Mi’raj sebelum Peristiwa Hijrah. Hikmah dari difardukannya ibadah shalat ini adalah menunjukkan penghambaan dengan merendahkan diri di hadapan Allah SWT sambil tunduk terhadap perintah-Nya, bermunajat dengan bacaan Al-Quranul Karim dan zikir-zikir, serta menggunakan anggota tubuh dalam berkhidmah kepada Allah SWT.

Dalam surat An-Nur ayat 56 dikatakan sebagai berikut, “Dirikanlah shalat.” Maksudnya, lakukanlah shalat dengan memperhatikan seluruh syarat dan rukunnya. Agar shalat menjadi sempurna, seseorang harus melaksanakan rukun berdiri, rukuk, sujud, dan rukun-rukun lainnya sambil memperhatikan ta’dilul arkan.

Selain itu, ia juga harus memperhatikan hal-hal seperti keikhlasan, ketenangan hati, menghilangkan keraguan, dan melaksanakan ibadah dengan rasa takut kepada Allah SWT, kekhusyukan, merasa hina, serta kesadaran bahwa dirinya sedang berada di hadapan Rabb-nya.

Baca juga ; Pentingnya Keikhlasan dalam beramal.

Dikatakan dalam sebuah hadis syarif,

“Barang siapa menjaga shalatnya (melaksanakan shalat pada waktunya dengan memperhatikan rukun dan adab-adabnya), kelak pada hari kiamat shalat itu akan menjadi cahaya bagi pemiliknya, menjadi bukti untuk keimanannya, dan menjadi sebab keselamatan dari dahsyatnya keadaan hari kiamat. Barang siapa tidak menjaga shalatnya, dia tidak akan mendapatkan cahaya dan bukti untuk keimanannya pada hari kiamat, dan dia juga tidak akan selamat dari keadaan yang mengerikan pada hari itu. Pada hari kiamat, dia akan dibangkitkan bersama Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.”

Orang-orang yang tidak menjaga shalat menyerupai tokoh-tokoh besar kafir ini karena beberapa sebab berikut, yaitu orang-orang yang melalaikan shalat karena harta bendanya itu menyerupai Qarun. Orang yang melalaikan shalatnya karena harta dan kepemimpinannya akan menyerupai Firaun.

Orang yang melalaikan shalatnya karena jabatan itu menyerupai Haman (wazir Firaun). Orang yang melalaikan shalat karena perdagangannya itu menyerupai Ubayy bin Khalaf yang musyrik (salah seorang pedagang Makkah). Maka dari itu, mereka akan dikumpulkan bersama tokoh-tokoh kafir tersebut.

Baca juga ; Inilah Hikmah-Hikmah yang terdapat dalam Rukun Sholat.

Seorang muslim harus mengajarkan anggota keluarganya cara melaksanakan shalat

Shalat adalah ibadah lahir dan badan yang paling utama. Shalat yang fardu lebih utama dari ibadah-ibadah fardu lainnya, dan shalat-shalat sunah juga lebih utama dari ibadah-ibadah sunah lainnya.

Seorang muslim harus mengajarkan anggota keluarganya cara melaksanakan shalat, dan memerintahkan mereka untuk melaksanakannya ketika mereka telah mukalaf. Sebab, dikatakan dalam surat Thaha ayat 132, “Perintahkanlah keluarga kamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.”

Setelah ayat karimah ini turun, setiap pagi Rasulullah SAW pergi ke depan rumah putrinya, yaitu Sayidah Fatimah R.’Anhā dan menantunya, yaitu Sayidina Ali RA, lalu beliau menyeru dengan berkata, “Shalat!” Oleh sebab itu, setiap muslim harus mendorong keluarganya, anak-anaknya, dan kerabatnya untuk melaksanakan shalat. Selain itu, ketika ahlul baitnya mengalami sebuah masalah, Rasulullah SAW akan memerintahkan mereka mengerjakan shalat, dan beliau akan membaca ayat karimah tersebut.

Dalam ayat karimah lainnya dikatakan, “Mohonlah pertolongan (kepada Allah SWT) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

(QS Al-Baqarah: 45)

KIT’AH:

Eyle erkân-ı salâtı tâzîm,

Cümle-i kârına Allah kerîm.

Hele korlar mı gör ey ferzâne

Herkesi pîşgeh-i sultâne.           (Nâbî)

(Muliakanlah rukun shalat, Allah SWT akan mempermudah semua urusanmu. Wahai orang berilmu, pikirkanlah, apakah mereka menerima semua orang ke hadapan Sultan?)

Sumber artikel ; Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar