> Melakukan Ghibah sama seperti memakan daging saudara seagama - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 21, 2022

Melakukan Ghibah sama seperti memakan daging saudara seagama

Sumber gambar: https://keuangannews.id


Hikmahdanhikmah.com - Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam ketika aku dibawa untuk Mi’raj, aku bertemu dengan sekelompok orang. Daging mereka dipotong-potong dari sebelah kanan dan kiri, lalu diberikan kepada mereka untuk dimakan. Lalu, dikatakan kepada mereka, ‘Makanlah sekarang daging kalian sendiri seperti kalian memakan daging saudara-saudara kalian di dunia!’

Aku bertanya, ‘Wahai Jibril, siapakah mereka?’

Jibril AS berkata, ‘Mereka adalah orang-orang di antara umatmu yang mencari kesalahan dan kekurangan orang lain, lalu mengatakannya kepada yang lainnya.’”

Jabir bin Abdullah RA meriwayatkan sebagai berikut, “Pada masa Rasulullah SAW, berhembus sebuah angin yang berbau busuk. Rasulullah SAW berkata, ‘Sebagian orang munafik telah membicarakan aib orang-orang muslim. Penyebab bau busuk ini adalah hal tersebut.’”

Ditanyakan kepada seorang ahli hikmah, “Pada masa Rasulullah SAW, bau busuk gibah bisa tercium. Akan tetapi, pada masa sekarang ini bau busuk seperti itu tidak tercium. Apa hikmah di balik hal ini?” Ahli hikmah tersebut menjawabnya sebagai berikut, “Pada saat ini, begitu banyaknya orang melakukan gibah sehingga hidung-hidung manusia penuh dengan bau busuk itu. Maka, bau busuk itu sudah tidak jelas lagi. Hal ini serupa dengan hal berikut ini.

Baca juga ; Arti Ghibah dan Dampak keburukan yang Melakukan dan yang mendengarkan.

Seseorang yang pertama kali memasuki tempat penyamakan kulit tidak akan dapat berdiam diri di sana karena baunya yang tidak sedap. Namun, orang-orang yang bekerja di sana tidak mencium bau busuk itu karena hidung mereka sudah terbiasa dengan bau tersebut. Demikianlah gibah pada saat ini.”

IJTIMAK, RUKYAT, DAN PERMULAAN BULAN JUMADIL AWAL


Ijtimak bulan Jumadil Awal tahun 1444 H bertepatan dengan hari Kamis, 24 November 2022 pukul 05.58 WIB.

Adapun rukyat jatuh pada hari Kamis, 24 November 2022 pukul 19.29 WIB.

Tempat-tempat terlihatnya hilal meliputi Ethiopia, Djibouti, Madagaskar, Afrika Selatan, Mauritania, Mali, Niger, Chad, Sudan, Ethiopia, Guinea, Burkina Faso, Nigeria, Tanzania, Samudra Atlantik, Uruguay, Paraguay, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Brasil, Venezuela, Suriname , Guyana, Panama, Kosta Rika, Kuba, dan Haiti.

Baca juga ; Tentang lembaga perhitungan waktu-shalat.

Satu hari setelah terlihatnya hilal, yakni hari Jumat, 25 November 2022 adalah hari pertama bulan Jumadil Awal.

Sumber artikel Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar