> Mempelajari ilmu hal wajib bagi seluruh umat muslim - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 05, 2022

Mempelajari ilmu hal wajib bagi seluruh umat muslim

Ilustrasi gambar ;mempelajari ilmu 


Hikmahdanhikmah.com - Setelah mempelajari dan meyakini akidah Ahlussunah dari ahlinya, memiliki ilmu hingga dapat menghindari akhlak buruk dan tercela serta menghiasi diri dengan akhlakul karimah adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Setiap umat muslim harus mengajarkan ilmu hal kepada anak-anak dan istrinya serta menjaga mereka dari hal-hal yang tidak sesuai dengan agama. Pertama-tama, seorang muslim harus mengajarkan akidah Ahlussunah, lalu ilmu amaliah, lalu ilmu akhlak, selanjutnya pengetahuan-pengetahuan muamalah seperti jual beli dan lainnya. Ilmu-ilmu ini disebut ilmu hal. Mengetahui semua ini hukumnya adalah fardu ain bagi setiap mukmin.

Baca juga ; Tentang Adab-adab Menuntut ilmu dalam Islam.

Mempelajari agama dari terjemahan dan tafsir Al-Quranul Karim atau dari hadis-hadis bagi orang-orang yang belum cukup menguasai ilmu agama adalah sesuatu yang tidak mungkin. Mengarahkan umat muslim pada terjemahan dan tafsir Al-Quranul Karim agar mereka mempelajari agama Islam adalah sesuatu yang tidak benar. Hal terpentingnya bukanlah mengetahui dan membaca terjemahan Al-Quranul Karim. Sebab, mengetahui tafsir Al-Quranul Karim hukumnya bukanlah fardu ain bagi umat muslim karena hal ini termasuk bidangnya para alim ulama.

Hal pertama yang wajib dilakukan seorang muslim yang bukan alim adalah mempelajari ilmu hal dengan membaca kitab-kitab akidah, fikih, dan akhlak yang ditulis oleh para ulama Ahlussunah wal Jamaah.

Mempelajari ilmu hal adalah wajib bagi setiap umat muslim. Misalnya, seperti cara bagaimana mengambil wudhu, mengerjakan shalat, serta siapa saja yang wajib mengeluarkan zakat, dan lain-lain.

Para ulama Islam telah menulis kitab-kitab mengenai hukum-hukum yang telah mereka keluarkan dari Al-Quranul Karim dan hadis-hadis dengan usaha mereka selama bertahun-tahun. Setiap umat muslim semestinya membaca dan mempelajari kitab-kitab fikih atau ilmu halsesuai mazhab Syafi’i, Hanafi, Hambali, atau Maliki yang ia ikuti (yang merupakan empat mazhab yang hak dari segi amal). Sebab, seorang muslim dapat mempelajari semua hal penting yang berkaitan dengan agamanya dengan cara membaca sebuah kitab ilmu hal.

Nama-nama: Laki-laki: Zubair, Perempuan: Zubaidah.

Sumber artikel ; Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar