> Mengenal Amir Muzaffaruddin seorang tokoh terkemuka dalam sejarah Islam - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 01, 2022

Mengenal Amir Muzaffaruddin seorang tokoh terkemuka dalam sejarah Islam



Hikmahdanhikmah.com - Amir Muzaffaruddin adalah salah seorang tokoh terkemuka dalam sejarah Islam. Beliau mengikuti peperangan bersama Salahuddin Al-Ayyubi, salah seorang komandan Islam terkemuka, dan meraih banyak kemenangan. Sebagai penghargaan atas keberaniannya, Salahuddin Al-Ayyubi menikahkan saudara perempuannya dengannya.

Amir Muzaffaruddin memiliki banyak lembaga amal yang dibangun di berbagai tempat, baik di Haramain Syarifain maupun di negara-negara Islam lainnya. Empat di antaranya sangat penting. Yang pertama adalah Dārul ‘Amya yang diperuntukkan bagi orang-orang tunanetra. Kedua adalah Dārul Arāmil yang diperuntukkan bagi janda-janda yang tidak mampu. Ketiga adalah Dārul Aytām yang diperuntukkan bagi anak yatim piatu. Keempat adalah Dārul-Malākīt yang diperuntukkan bagi perlindungan dan pengasuhan anak-anak terlantar yang dikumpulkan dari berbagai negara Islam.

Baca juga ; Donasi Online untuk anak Yatim dan Dhuafa di Pati Jawa Tengah.

Beliau secara pribadi memeriksa lembaga-lembaga amal ini pada hari Minggu dan Kamis setiap minggunya. Beliau juga berkeliling ke banyak rumah sakit, dan menanyakan keadaan pasien satu per satu.

Beliau juga selalu datang ke madrasah yang beliau bangun khususnya untuk ulama-ulama Hanafi dan Syafi’i, serta ke khankah yang beliau bangun untuk para darwis, lalu makan malam dan berbincang-bincang bersama mereka.

Amir Muzaffaruddin, yang terkenal dengan ilmu, fadilah, keadilan, kasih sayang, kedermawanan, dan keberaniannya, setiap tahun memulai persiapan perayaan maulid syarif sejak bulan Muharam. Beliau mengundang para ulama, darwis, dan qurra’ dari wilayah-wilayah yang dekat dengan Arbil, seperti Baghdad, Mosul, Al-Jazair, dan Sinjar, lalu memberikan pakaian-pakaian yang berharga kepada mereka. Selanjutnya, beliau akan melaksanakan perayaan Maulid Nabi bersama jemaah besar yang telah berkumpul.

Amir Muzaffaruddin akan memberikan jamuan mewah kepada jemaah yang berkumpul pada hari itu dan kepada orang-orang Arbil lainnya dengan makanan lezat yang telah disediakan dengan biaya yang besar. Bahkan, Kadi Ibnu Hallikan menyatakan dalam karyanya yang terkenal, yang berjudul Wafayâtul A’yân, bahwa dirinya juga hadir dalam beberapa upacara ini.

Baca juga ; Mengenal Lebaran Anak yatim atau yang-disebut dengan Yatama.

Sumber artikel;Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar