> Mengenal Khaja Muhammad Baqi Billah KS - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 08, 2022

Mengenal Khaja Muhammad Baqi Billah KS

Sumber gambar : https://en.m.wikipedia.org


Hikmahdanhikmah.com - Khaja Muhammad Baqi Billah KS yang merupakan mata rantai ke-22 dalam silsilah saadat memiliki lakab Khaja Bireng. Beliau lahir di Kabul pada tahun 971 H (1563 M). Ayahnya bernama Qadi Abdussalam. Ibunya adalah keturunan Sayidina Husein RA (sayyidah), dan merupakan orang yang qanaah. Ibunya juga merupakan orang yang salihah yang berkhidmah kepada para darwis.

Pada usia yang sangat muda, Khaja Muhammad Baqi Billah KS telah mempelajari ilmu-ilmu lahir dari ulama-ulama yang paling besar pada masanya. Beliau telah mempelajari ilmu dari Muhammad Shadiq Al-Halwa’i KS yang merupakan salah seorang ulama terbesar pada zaman itu. Kemudian, beliau mengikuti ceramah-ceramah para pembesar aulia Allah untuk mendalami tasawuf dan mempelajari ilmu-ilmu maknawiyah.

Suatu malam ketika mencari jalan maknawi, beliau bermimpi berada di hadapan Khaja Muhammad Bahauddin Naqsyibandi KS. Kemudian, di dalam dirinya timbul keinginan untuk masuk ke jalan dakwah Naqsyibandiyah, lalu beliau terus mencari seorang mursyid. Beliau datang ke Kashmir dan akhirnya ke Samarkand, lalu beliau bertemu dengan Syekh Maulana Muhammad Al-Khajagi Amkangi KS dan berintisab kepadanya.

Khaja Muhammad Baqi Billah KS adalah seseorang yang sangat rendah hati meskipun beliau memiliki kemuliaan dan makam yang sangat tinggi. Beliau hanya berbicara secukupnya dan menerangkan perkara-perkara yang dimintai penjelasannya secara lugas.

Baca juga ; Salah satu ulama terkemuka pada masa Sultan Muhammad Al-Fatih.

Semasa Khaja Muhammad Baqi Billah KS menetap di Lahore, terjadi musim paceklik di kota tersebut. Pada hari-hari paceklik itu, beliau tidak makan karena makanan yang dikirimkan untuknya ia berikan kepada orang-orang di luar yang sedang kelaparan. Dalam perjalanan dari kota Lahore menuju kota Delhi, beliau melihat seseorang yang tidak mampu berjalan kaki. Lalu, beliau langsung turun dari hewan tunggangannya dan menyuruhnya naik.

 Selama dalam perjalanan, beliau menutup kepalanya dengan serbannya agar orang-orang tidak mengenalinya. Ketika hampir tiba di tempat tujuan, beliau menyuruhnya turun, dan beliau kembali menaiki hewan tunggangannya agar orang-orang tidak mengetahui hal tersebut.

Di samping itu, Khaja Muhammad Baqi Billah KS adalah orang yang sangat penyayang terhadap seluruh makhluk. Pada suatu malam di musim dingin, Khaja Muhammad Baqi Billah KS bangun dari tempat tidurnya. Saat kembali, beliau melihat seekor kucing tidur di atas selimut tebalnya. Hatinya tidak tega untuk membangunkan kucing tersebut sehingga beliau duduk hingga pagi hari sambil menahan dingin. 

Baca juga ; Ke Hati-Hati an Syekh Naqsyiband KS dalam hal Makanan.

Khaja Muhammad Baqi Billah KS wafat pada tanggal 25 Rabiul Akhir 1012 H (1603 M) pada usia 40 tahun. Beliau dimakamkan di sebuah tempat yang bernama “Qadamgah” yang dikenal dengan tempat persinggahan Rasulullah SAW di Delhi.(Silsilatudz Dzahab, Penerbit Fazilet)

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar