> Rosemari adalah tumbuhan kerdil yang berdaun tipis dan kecil banyak manfaat - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 09, 2022

Rosemari adalah tumbuhan kerdil yang berdaun tipis dan kecil banyak manfaat

Sumber gambar : kompas.com


Hikmahdanhikmah.com - Rosemari adalah tumbuhan kerdil yang berdaun tipis dan kecil. Tumbuhan ini mekar dua kali dalam setahun, yaitu pada musim semi dan musim gugur, dan daunnya selalu berwarna hijau seperti pinus. Rosemari adalah obat untuk bebagai penyakit. Khususnya, apabila daun atau rantingnya yang kering dibakar, lalu dijadikan dupa dan asapnya disebarkan di dalam ruangan yang berbau tidak sedap pada hari-hari musim panas dan di tempat-tempat yang terdapat wabah, ia akan menghilangkan bau dan penyakit.

Selain itu, orang yang menjadikannya dupa dan menghirup baunya akan mampu mengatasi penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh suhu dingin. Selain itu, jika rosemari direbus, lalu uapnya dihirup dengan cara yang sama, ia akan dapat mengatasi sakit kepala serta memperkuat fokus dan daya ingat. Merebusnya dengan cuka dapat meningkatkan khasiatnya.

Rosemari berkhasiat untuk mengeluarkan zat-zat buruk dari dalam tubuh dan darah, menghangatkan tubuh, memperkuat perut, menambah nafsu makan, dan memperlancar pencernaan. Apabila rosemari yang segar atau yang kering direbus, lalu diminum dalam keadaan panas, ia akan membantu mengeluarkan keringat dari tubuh.


Jika rosemari dikunyah dalam beberapa waktu, ia dapat menghilangkan bau mulut dan menyembuhkan luka di mulut. Meminum rosemari atau mengolesi minyaknya dapat menghilangkan rasa pegal dan nyeri pada otot.

Mencampur rosemari ke dalam minuman bermanfaat untuk semua jenis penyakit kuning. Jika biji atau bunga rosemari yang segar ditumbuk dan direbus dengan susu kambing atau susu murni lalu diminum, itu akan sangat bermanfaat untuk penyakit di dada dan paru-paru, TBC, sesak napas, batuk kronis, dan juga dapat menyembuhkan luka di hati.

Meletakkan rosemari kering di antara pakaian dapat mengusir ngengat. Memasukkan minyak rosemari ke dalam air panas dan menghirup uapnya akan dapat melegakan hidung, dan uapnya yang mengendap di otak dapat menghilangkan flu dan masuk angin yang turun dari kepala.

Selain itu, jika minyaknya dioleskan pada saraf tulang belakang, mulai dari tulang leher sampai tulang ekor, pada pelipis, dan lubang hidung, hal itu akan bermanfaat untuk semua jenis sakit kepala, kelumpuhan, asam urat, epilepsi, serta semua jenis nyeri sendi dan pembengkakan. Karena dapat mengiritasi kulit yang sensitif, minyak rosemari dapat dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun, minyak kemangi, atau sejenisnya.


Sebagaimana segala sesuatu yang berlebihan itu berbahaya, penggunaan rosemari juga tidak boleh berlebihan. Karena dapat mempercepat sirkulasi darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi, orang yang memiliki masalah tekanan darah dan wanita hamil harus menggunakannya dengan saran dokter.

Sumber artikel ; Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar