> Amankah Menyimpan Telur Dalam Kulkas ? sumber gambar - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 04, 2022

Amankah Menyimpan Telur Dalam Kulkas ? sumber gambar

Sumber gambar; sajiansedap.grid.

Hikmahdanhikmah.com – Bagi anda para wanita tentunya sering kali menaruh telor dalam lemari es. Namun ada juga orang yang suka menyimpan telur dalam tempat khusus dan bukan di lemari es. Apakah kebiasaan menyimpan telur di kulkas baik bagi kesehatan ?

Kebiasaan menyimpan telur di kulkas tentu bukan atas inisiatif anda. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak masyarakat diseluruh dunia termasuk di Amerika Serikat. Orang Amerika juga mempunyai kebiasaan menyimpan telur dalam kulkas yang mereka beli dari toko. Mereka biasanya akan mencuci telur terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam kulkas.

Ada banyak manfaat menyimpan telur dalam lemari es. Salah satunya adalah mencegah resiko kontaminasi bakteri Salmonella. Bakteri ini sangat rentan ditularkan oleh induk ayam dan pupuk kandang yang berasal dari ayam.

Berdasarkan sebuah laporan yang berasal dari Food and Drug Administratin (FDA) yang berasal dari AS mengatakan bahwa banyak sekali angka kejadian penyakit yang disebabkan karena kontaminasi bakteri Salmonella yang berasal dari ayam.
Kasusnya berjumlah sekitar 79.000 dan ada sekitar 30 orang yang berujung kematian dalam setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena ayam tidak memerlukan vaksinasi Salmonella.

Baca Juga : Cara Mencuci Buah dan Sayuran Dengan Benar

Ternyata munculnya kasus kontaminasi bakteri Salmonella pada telur lebih disebabkan karena kebiasaan mencuci cangkang telur sebelum menyimpan dalam kulkas. Mencuci cangkang telur beresiko menghilangkan lapisan protein dan molekul lain yang biasa dikenal dengan kutikula.

Ternyata lapisan kutikula pada cangkang telur sangat bagus untuk mencegah kontaminasi bakteri Salmonella yang bisa masuk dalam telur yang berpori. Saat kita mencuci cangkang telur dan membersihkan dari kotoran, maka secara tidak langsung akan menghilangkan lapisan kutikulanya.

Dengan manfaat besar kutikula bagi telur, maka di Eropa kebiasaan mencuci telur tidak disarankan bagi kesehatan karena meningkatkan resiko kontaminasi bakteri Salmonella.

Menyimpan telur dalam lemari es yang bersuhu dingin memang bisa mencegah resiko kontaminasi bakteri. Namun jika anda mencucinya terlebih dahulu, maka akan membuat lapisan kutikula pada kulit telur hilang yang mempunyai fungsi mencegah kontaminasi bakteri Salmonella yang bisa masuk pada bagian dalam telur.

Artikel Terkait : manfaat sarapan pagi dengan telur bagi kesehatan.

Amankah Menyimpan Telur Dalam Kulkas, bahaya mencuci telur sebelum ditaruh dalam kulkas, berbahayakah menyimpan telur dalam kulkas, cara menyimpan telur di kulkas yang sehat, efek samping mencuci kulit telur sebelum disimpan dalam lemari es, tips sehat menyimpan telur dalam kulkas

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar